Galaxy Tab 3 Siap Beredar di Malang

MALANG –  Tidak membutuhkan waktu lama Samsung untuk mengenalkan produk barunya, Galaxy Tab 3 8.0. Terbukti, setelah beberapa waktu lalu digembar-gemborkan, produk ini akhirnya resmi dijual di pasar gadget Indonesia. Tidak terkecuali di Malang, produk dengan layar 8 inch ini bisa didapatkan, sekalipun harus lebih dulu melakukan pemesanan.
Di Erafone contohnya, memberikan kesempatan user untuk melakukan pemesanan produk yang dibanderol dengan harga Rp 4,499 juta ini. “Masih ada di pusat, belum didistribusikan ke Erafone Malang. jadi, pembeli harus pesan dulu,’’ kata Team Leader Samsung, Arie Kurnianto kepada Malang Post kemarin.
Arie mengatakan, secara spesifikasi, Galaxy Tab 3 8.0 ini memang tidak jauh berbeda dengan generasi pertamanya. Yaitu mengusung jaringan HSDPA, yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon dan SMS.
Secara tampilan, Samsung Tab 3 8.0 memang sangat memikat. Smartphone ini tampil dengan desain slim, ketipisannya 0.7 cm membuatnya tampil begitu elegan. Beratnya pun juga cukup ringan, hanya 0.3 kg sehingga memudahkan untuk dibawa berpergian.
Menurut Arie, layar Galaxy Tab 3 8.0 ini mendukung resolusi HD 1280 x 800 piksel dengan kerapatan 189 ppi. Tak pelak, dengan adanya dukungan tersebut, layar tablet inipun akan tampil jernih dan kaya detail. Teknologi kapasitif multi-touch digunakan memudahkan users untuk menyapu jari tanpa harus menekan layar seperti layar resistif.
“Produk ini menaikkan standar kinerja multitasking ke level yang lebih tinggi dengan memberikan pengalaman multitasking yang sebenarnya. Contohnya membuka beberapa jendela dalam satu layar,’’ kata Arie, sembari mengatakan user dapat mengecek email, membuat catatan, mencari arah jalan ataupun lainnya sambil melakukan panggilan, tanpa perlu pindah aplikasi.
“Lakukan reposisi, pindah ke mode full screen ataupun tutup window dengan mudah untuk pengalaman yang lebih menyenangkan,” ujarnya.
Untuk mesinnya, tidak perlu diragukan. Tablet ini mendukung prosesor Dual Core dengan chipset Exynos 4212 berkecepatan 1.5 GHz dipadu memori RAM 1.5 GB, tablet ini memungkinkan multitasking lebih mulus, loading halaman web lebih cepat, transisi UI lebih halus dan power-up yang ultra cepat.
GPU nya menggunakan Mali-400MP yang memberikan tampilan grafis mulus sehingga tidak ada lagi lag ketika bermain games ataupun memutar film Full HD.
“Tablet ini dilengkapi kamera 5 megapixel lengkap dengan fitur auto fokus. LED flash akan membantu kualitas tetap prima di kondisi minim cahaya. Tersedia juga kamera depan beresolusi 1.3 MP memudahkan pengguna untuk melakukan video call ataupun video chatting dengan kualitas optimal,’’ tambah Arie yang mengatakan tablet ini bekerja dengan operating sistem android Jelly Bean 4.2.(vik/fia)