BlackBerry Q5 Mulai Dicari

MALANG – Sekalipun tidak secanggih pendahulunya, namun keberadaan BlackBerry Q5 terus mendapat perhatian para konsumen. Itu terbukti, keberadaan ponsel dengan operating sistem 10 ini terus dipertanyakan. Maklum, hingga kemarin masih sedikit outlet atau gerai ponsel yang memiliki stok untuk pensel jenis ini. Tak pelak, untuk mendapatkan ponsel yang dikenalkan BlackBerry bersamaan dengan BlackBerry Q10 ini, konsumen harus lebih dulu melakukan pemesanan.  Seperti di Karna Jaya Cell Malang Plaza,  banyak menerima pemesanan untuk ponsel dengan layar sentuh tersebut.
“Sekarang sudah ada lima yang melakukan pemesanan untuk BlackBerry Q5. Sementara ini belum ada barang juga, makanya kami masih mencari baik di Surabaya maupun di Jakarta,’’ kata Badri, pemilik Karna Jaya Cell. Memang tidak heran jika ponsel ini banyak dicari konsumen. Pertama adalah, ponsel ini telah menggunakan operating sistem BlackBerry 10, seperti dua kakak pendahulunya, yaitu Z10 dan Q10. Ponsel ini juga dilengkapi dengan layar touch screen sekalipun juga memiliki keypad jenis QWERTY. “Kalau bentuk secara fisiknya tidak beda dengan Q10, hanya saja bentuknya sedikit lebih kecil. Q5 juga tidak dilengkapi dengan trackpad, sehingga sepenuhnya untuk navigasi dilakukan melalui layar sentuh,” tegasnya.
Memang dibandingkan dengan dua kakaknya, BlackBerry Q5 ini dibanderol dengan harga lebih terjangkau. Sebut saja Z10 dijual dengan harga Rp 6.5 juta, sedangkan Q10 dijual dengan harga Rp 7.5 juta. “Q5 memang diproduksi untuk segmen mid-range, lantaran itulah ponsel ini dijual dengan harga lebih terjangkau,’’ katanya sembari mengatakan Q5 ini hadir dengan empat pilihan warna.  Sementara untuk spesifikasinya, Q5 memang cukup mumpuni. Ponsel ini menggunakan prosesor dual-core 1,2 GHz dan layar 3,1 inci dengan resolusi 720 x 720 piksel.
Ponsel ini juga dapat bekerja maksimal dengan dukungan memori RAM sebesar 2 GB. Sedangan untuk internalnya, BlackBerry menanam memory sebesar 8GB. “Pengguna bisa memperluas kapasitas penyimpanan tersebut menggunakan Micro SD, karena BlackBerry juga menyediakan slot micro SD,” paparnya.  Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera. Secara fisik lensa yang ditanam pada kamera Q5 memang tidak sama dengan yang terpasang pada Q10. Tapi untuk soal hasil, kamera dari Q5 cukup dibilang lumayan karena BlackBerry juga menanamkan fitur LED Flash pada menu kamera utamanya. (vik/mar)