Andalkan Slot SIMcard

MURAH: MoviMAX P3 ditawarkan hanya dengan harga Rp 1 juta.

MoviMAX P3
MALANG – Pasar tablet Malang Raya betul-betul kebanjiran produk. Yang menarik, dari banyak produk tersebut 80 persen justru merupakan produk lokal. Ya, hampir semua pabrikan elektronik lokal menciptakan produk tablet.
Tentu saja, mereka juga sangat serius, yaitu menyematkan berbagai teknologi yang mumpuni dengan harga sangat murah. Seperti MoviMax, vendor lokal ini menggelontorkan produk seri P3 untuk pasar tabletnya.
Berdimendi 200.8×114.9×11.1mm, tablet ini tidak kalah dengan tablet keluaran vendor global. Terlebih secara desain, selain tipis P3 juga terlihat sangat anggun dengan empat lekukan disetiap sudutnya.  Ari Wahyudi marketing Raja Tablet menjelaskan, secara teknologi P3 memang tidak kalah dengan produk tablet bermerek lainnya.
“P3 merupakan tablet  dengan luas layar 7 inci, berjenis TFT Capacitive Touchscreen. Teknologi WQVGA yang ditanam dapat menghasilkan resolusi 800×480 piksel,’’ kata Ari kemarin.
Ia menjelaskan, yang membuat P3 luar biasa adalah adanya slot SIM card yang disematkan MoviMAX pada gadget tersebut, sehingga pengguna bisa leluasa untuk melakukan aktifitas internet, sekalipun jauh dari jangkauan WiFi.
“Inilah keunggulannya, selain dilengkapi dengan WiFi, produk ini juga dilengkapi dengan Slot SIMcard agar pengguna bisa menggunakan prosuk ini menelpon ataupun ber SMS,’’ katanya lagi.
Namun begitu, kesamaan MoviMAX dengan produk tablet global lainnya adalah mesin. Menurut Ari, MoviMAX menanam mesin handal pada produk P3. Sebut saja prosesornya MoviMAX menanamkan prosesor ARM  v7 processor (VFPv3, NEON) 1.5GHz di dukung dengan memory RAM  256MB. Sedangkan untuk kinerja olah grafisnya dipercayakan pada Mali-400MP / OpenGL ES 2.0.
Memory RAM memang tergolong sangat kecil, dan sudah pasti tablet ini tidak bisa menjalankan game-game 3D. Bahkan, tablet ini juga tidak bisa menampilkan film-film 3D seperti pada tablet kebanyakan. Tapi hal ini cukup wajar, lantaran tablet ini dijual dengan harga Rp 1 jutaan.
Sedangkan untuk kapasitas penyimpananannya, MoviMax menanamkan memori 8 GB. Tapi itu bukanlah harga mati, karena ada slot memory card. “Pengguna dapat memperluas memory penyimpanan hingga 32 GB,’’ kata Ari lagi yang mengatakan tablet ini bekerja dengan operating sistem Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich.
Sementara utuk koneksifitasnya, tablet ini mendukung jaringan WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth, HDMI port, USB 2.0 port, Audio jack 3.5mm; Browser: HTML. Untuk keperluan akses internet, MoviMax P3 bisa memanfaatkan jalur GSM atau via koneksi WiFi di hotspot yang tersedia. Sedangkan untuk fasilitas tambahan, tablet android ini didukung Google Play (Android Market), Gmail, Email, Google Search, Gtalk, Google Maps, Latitude, Navigation, Audio/video player, Facebook, Twitter, Yahoo Messenger dan YouTube.(vik/fia)