Aplikasi Ibadah Generasi Kedua Lebih Komplit

MALANG – Ramadan akan berakhir tidak lama lagi. Namun begitu, sejumlah aplikasi yang mendukung kekhusuyukan ibadah tetap menjadi pilihan para pengguna smartphone, sebab aplikasi yang disediakan oleh pengembang tidak hanya menentukan waktu makan sahur ataupupun berbuka puasa, namun juga jadwal ibadah regular seperti salat Subuh hingga Isya, jadwal puasa sunah, hingga bacaan Al Quran.
Beberapa aplikasi yang memuat jadwal ibadah tersebut antara lain adalah aplikasi Ibadah. Aplikasi ini sebetulnya merupakan versi kedua dari Aplikasi Ibadah yang dirilis pada Ramadan sebelumnya. Dan pada versi kedua ini tentu lebih kaya fitur. Wisnu Triadi menjelasnya, aplikasi ini berisi  Jadwal sholat yang bisa digunakan seluruh negara dan kota di dunia, pemilihan metode kalkulasi untuk menentukan jadwal sholat, arah Kiblat. Beberapa perbaikan di halaman Tadarus Quran, Notifikasi yang berjalan seterusnya, Puasa Sunnah, Mengganti lokasi. “Aplikasi ini cukup lengkap, hanya saja aplikasi ini menggunakan jadwal sesuai provinsi, sehingga ada jeda beberapa menit untuk waktu ibadah, baik salat maupun waktu puasa,’’ kata pria yang juga menjabat sebagai Head Marketing Global AAR ini. Dan aplikasi ini juga hanya berlaku untuk ponsel besutan Apple. “Aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat Android. Untuk sementara hanya untuk iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4s dengan iOS versi 5.0 keatas,’’ urainya.
Sementara untuk aplikasi ibadah yang universal diantaranya, Ramadan 2013. Sama seperti aplikasi Ibadah, aplikasi Ramadan 3013 ini merupakan versi kedua, karena sebelumnya ada aplikasi Ramadan 2012. Aplikasi ini dapat diunduh melalui toko aplikasi App Store dan Google Play.
Aplikasi ini dapat mendeteksi lokasi pengguna (bisa dilakukan secara otomatis ataupun manual), lalu menampilkan waktu shalat lima waktu setiap harinya. Aplikasi ini mampu menujukkan waktu shalat di lebih dari 251 negara sehingga sangat praktis untuk umat Muslim yang sedang bepergian.
“Ada doa-doa dalam bahasa Arab yang disertai panduan cara pengucapannya berikut terjemahan, 99 asma Allah, serta sebuah panduan tentang Ramadhan,’’ tambah Wisnu.
Aplikasi lainnya adalah Muslim Pro Azan, Quran, Qibla. Seperti namanya, Muslim Pro yang dikembangkan oleh perusahaan Singapura Bitsmedia Pte Ltd menawarkan fitur-fitur seperti waktu shalat sesuai dengan lokasi pengguna, panggilan azan, penunjuk lokasi kiblat dalam bentuk animasi kompas, dan Al Quran dalam bentuk audio yang diterjemahkan ke dalam 15 bahasa (audio dan terjemahan hanya tersedia untuk versi berbayar).
Ada pula fasilitas peta menuju restoran halal dan masjid yang ada di sekitar pengguna, kalendar Islam berisi prediksi hari-hari besar, serta 99 Asma Allah. Pengguna iOS bisa mengunduh Muslim Pro di App Store. Aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna Android melalui Google Play.
Aplikasi Ramadan Tracker Aplikasi yang satu ini bertujuan membantu mualaf atau umat Muslim yang belum tahu apa saja yang harus dilakukan selama Ramadan. Ramadan Tracker membantu pengguna membuat jadwal dan memenuhi target, seperti shalat lima waktu, puasa, membaca Al Quran, dan sebagainya.
Poin diberikan untuk setiap target yang terpenuhi. Tertarik? Aplikasi buatan Catalunya Trade Impex ini bisa diunduh lewat App Store. “Ada  juga aplikasi Ainun, dan Aplikasi Instadeen, yang banyak digunakan baik bulan ramadan atau hari biasa,’’ tandas Wisnu.(vik/fia)