Enam Pendamping Mudik Menarik

TINGGAL beberapa hari lagi, umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Salah satu ritual yang kerap dilakukan tiap tahunnya oleh banyak orang adalah mudik ke kampung. Mudik tentu menjadi agenda yang menyenangkan, walau terkadang pemudik harus menguras energi dan pikiran untuk menembus keruwetan di jalan, terminal, pelabuhan atau bandara. Beruntung saat ini beragam ponsel cerdas sudah bukan barang langka dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Jadi dengan menggunakan piranti ini banyak hal bisa dimanfaatkan untuk menemani mudik Anda.

1. Google Maps
Ini adalah aplikasi peta yang wajib pengguna smartphone instal di perangkatnya. Beragam fitur dan luasnya pemetaan yang hadir di Google Maps cocok untuk menemani pemudik. Takut kehilangan arah saat di jalan? Manfaatkan saja fitur navigasi yang ada di Google Maps ini. Bisa dijamin keakuratannya sebagai penunjuk arah. Di beberapa wilayah, bahkan Google Maps dapat menunjukkan kondisi kepadatan lalu lintas yang sedang terjadi. Aplikasi Google Maps ini hadir di beragam sistem operasi yang popular di Indonesia, mulai dari Android, BlackBerry hingga iOS.

2. Waze
Ingin mengetahui keadaan lalu lintas dari pengendara yang ada di jalan secara langsung (real time), coba saja instal aplikasi Waze ini. Aplikasi peta berbasis komunitas ini memang semakin banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia, sehingga informasi yang didapatkan pun semakin beragam. Tak hanya mendapatkan kabar keadaan, pengguna Waze pun bisa saling berbagi keadaan lalu lintas di sekitarnya. Tidak hanya itu, manfaatkan juga fitur lainnya seperti navigasi dan saling menyapa pengguna Waze lainnya yang kebetulan sedang berada di sekitar Anda. Beep beep!

3. Aplikasi Cuaca
Cuaca yang tak menentu bisa saja terjadi saat Anda dalam perjalanan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tak ada salahnya memanfaatkan aplikasi gratis ataupun berbayar yang tersedia untuk beragam ponsel pintar. Untuk BlackBerry misalnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi BerryWeather yang memiliki fitur komplet. Pengguna bisa mendapatkan informasi cuaca selama sepekan berdasarkan lokasi, lengkap dengan temperatur, kecepatan angin, atau tingkat kelembaban. Selain itu masih banyak aplikasi sejenis yang bisa didapat pada App World.
Sedangkan untuk pengguna Android tak ada salahnya mencicipi widget gratisan dari AccuWeather.

4. LewatMana.com
Aplikasi sekarang ini makin canggih, beberapa di antaranya bisa dipakai untuk memantau arus lalu lintas di jalan yang dilalui. Asyiknya lagi, dalam aplikasi tersebut juga disediakan video streaming untuk menampilkan kondisi jalan. Salah satunya adalah aplikasi TMC Polda Metro.
Aplikasi ini terbilang sangat berguna. Di dalamnya tersedia berbagai informasi penting seperti, lokasi kantor polisi terdekat, peta informasi, hingga arus lalu lintas di jalan tol yang disajikan melalui video. Selain itu yang tak kalah hebat adalah aplikasi Lewat Mana. Selain menyajikan informasi lalu lintas terkini, di dalamnya juga terdapat informasi rumah sakit sekitar, bengkel, pom bensin, ATM, hingga tempat rekreasi jika ingin beristirahat sejenak.


5. ID Flight
Sudah mempunyai tiket pesawat mudik, tapi belum mendapatkan tiket kembalinya? Jangan khawatir, instal saja aplikasi ID Flight untuk pengguna iOS. Ini adalah aplikas berbayar yang
mampu menghadirkan harga-harga tiket pesawat secara up to date ke semua jurusan kota di Indonesia dari maskapai-maskapai besar di Tanah Air. Navigasi yang mudah dan tak ribet membuat aplikasi ID Flight ini rasanya bisa menjadi aplikasi jangka panjang, untuk yang sewaktu-waktu mencari tiket pesawat.


6. MasjidNow
Sebagai umat muslim kewajiban shalat seharusnya tak boleh ditinggalkan, kendati saat itu berada di tengah-tengah perjalanan. Nah, agar saat mudik pengguna bisa melakukan shalat dengan khusyuk di masjid, maka aplikasi MasjidNow adalah jawabannya. Ini boleh dibilang aplikasi pelacak masjid. MasjidNow merupakan salah satu aplikasi wajib bagi para umat muslim pengguna ponsel Android dan iOS. Pasalnya, aplikasi ini dapat membantu mengingatkan mengenai jadwal salat, melacak lokasi masjid terdekat hingga menunjukkan arah kiblat. (dk/mar)