Siapkan Jaringan Jelang idul Fitri

MALANG– Meningkatnya traffic tidak hanya terjadi pada arus lalulintas saja. Saat menjelang Idul Fitri, traffic penggunaan telepon cellular pun meningkat. Itu hal yang wajar, menginat kebutuhan pelanggan telepon juga meningkat saat  hari raya.  Salah satu operator yaitu PT XL Axiata mengklaim adanya kenaikan 5-10 persen untuk penggunaan, baik itu data, voice maupun SMS. Corporate Communication XL East Region, Putro Pamungkas mengatakan tahun 2012 untuk hari normal, kondisi traffic XL mencapai 600 juta menit perhari. H-1 terjadi penurunan traffic untuk voice yaitu hanya 560 juta menit perhari. “Pas hari H kondisi traffic naik 25 juta, yaitu 625 juta perhari,’’ katanya.
Sedangkan untuk SMS ada kenaikan antara tahun 2012 dengan tahun 2013 saat kondisi norma. Tahun 2012 tercatat ada 660 juta SMS perhari.  Sementara H-1 traffic SMS menurun menjadi 575 juta per hari, dan hari H idul fitri traffic SMS mencapai 565 perhari. “Tapi tahun 2013 ini, sesuai rekaman data ada 750 juta SMS per hari,’’ kata Putro yang mengatakan untuk SMS  akan mengalami kenaikan hingga 10-15 persen. Sementara layanan data pun Putro mengatakan juga akan terjadi kenaikan. Bahkan tidak main-main, kenaikan untuk layanan data ini mencapai 20-30 persen, dari  hari-hari biasanya.
Menurut dia, pada tahun 2012 lalu, layanan data internet tercatat 52 terabytes per hari. Dan pada H-1 terjadi peningkatan 14 terabytes perhari, yaitu 66 terabytes. “Ada peningkatan yang luar biasa, untuk layanan data. Kondisi normal pengguna layanan data mencapai 185 terabytes perhari, dan nanti saat lebaran aka nada kenaikan hingga 20-30 persen,’’ ucap Putro. Sedangkan untuk MMS traffic MMS mencapai 1 juta MMS perhari pada tahun 2012, dan pada H-1 ada kenaikan 4 juta MMS, sedangkan hari H ada kenaikan 6 juta MMS perhari. Sedangkan pada hari normal tercatat MMS mencapai 1.1 juta per hari.
“Estimasi kenaikan paling meningkat adalah pengguna MMS. Lebaran tahun ini kami mengestimasi adanya kenaikan hingga 200 persen untuk layanan MMS,’’ tambahnya. Selain itu dikatakannya, saat ini pihaknya terus meminimalisir adanya keluhan pelanggan tentang blank spot.  Upaya meminimalisir tersebut dilakukan dengan menempatkan beberapa fasilitas Mobile BTS di beberapa lokasi yang terjadi potensi traffic tinggi. Jika ada wilayah yang masih blank spot, pihaknya pun menyarankan pelanggan untuk menelpon ke Center XL. Layanan ini berlaku 24 jam, karena ada petugas khusus yang piket untuk keluhan pelanggan. “Menggunakan XL semuanya akan mudah, dan komunikasi terus berjalan,’’ tandasnya. (vik/mar)