Penuntun jalan saat mudik

MALANG– Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Menjadi sebuah tradisi saat hari raya mereka yang tinggal di luar kota melakukan pulang ke kampung asalnya masing-masing. Di zaman yang sudah modern dan didukung dengan teknologi yang mumpuni pulang kampung atau biasa disebut mudik ini bukan hal yang membosankan. Bahkan, bisa jadi mudik tersebut akan menjadi hal yang menyenangkan seiring dengan banyak kemudahan saat mudik serta banyak aplikasi yang dapat dimainkan saat perjalanan mudik.  Salah satu aplikasi yang kerap digunakan saat mudik adalah penunjuk arah. Tadinya, pengendara hanya berpedoman pada penunjuk arah yang terpasang di tepi jalan.
Tapi sekarang tidak lagi, pengendara cukup melihat gadget canggih miliknya, sebagai pedoman penunjuk arah. Seperti Google Map. Peta dengan acuan satelit ini seketika muncul dan menuntun pengendara menyusuri jalanan padat tanpa harus kesasar. Terlebih, selain nama jalan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play dan App Store untuk mengguna produk Apple ini juga mengeluarkan suara petunjuk jalan.  “Contohnya kita berkendara, kemudian di jarak 100 meter di depan ada simpang empat, seketika akan muncul suara dari gadget, yang menunjukkan nama jalannya juga,” kata Mohammad Nyaris, karyawan Global AAR.
Dia menjelaskan, petunjuk arah ini juga tidak terlihat membosankan, karena bisa ditampilkan secara 3D. Dan yang paling membuat pengendara tidak merasa bosan adanya pada peta tersebut juga akan terlihat jelas tempat atau fasilitas-fasilitas umum yang ada di depan. Seperti contohnya SPBU, ATM, sekolah, kantor, restoran, maupun rumah makan dan tempat wisata. “Aplikasi ini sangat membantu kita dalam perjalanan,’’ kata Nyaris yang mengatakan aplikasi ini bekerja secara online, artinya pengguna harus melakukan layanan internet untuk dapat menggunakan aplikasi ini.
Sementara  google memiliki google map yang dapat digunakan pada produk smartphone maupun tablet, Microsoft  juga tidak ketinggalan. Melalui program windows 8 yang disematkan pada produk Nokia Lumia 720, 820 dan 920, pengguna tidak perlu kawatir kesasar. Itu karena tiga produk Lumia ini ditanami dengan aplikasi HERE Drive. HERE Drive sendiri merupakan aplikasi bawaan Windows 8 untuk menujukkan arah.  Sebuah peta pun akan terlihat jelas pada layar ponsel, dan perjalanan pun dapat dilakukan. “Inilah kelebihan Nokia Lumia. Peta tidak hanya di lihat melalui online saja, tapi juga off line, setelah pengguna yakin menghidupkan GPS yang tertanam pada Gadget,’’ kata promotor Nokia Mey Suryanityas.
Sementara itu selain peta sebagai penunjuk arah, berbagai aplikasi seluler pun dapat dimanfaatkan pemudik agar perjalanannya menyenangkan. Seperti PT XL Axiata (XL) yang memiliki berbagai program layanan, untuk mengatasi kebosanan para pelanggan, dengan menciptakan program layanan XL Karaoke, XL Nonton dan yang lainnya. Pelanggan juga bisa melakukan chating menggunakan media social saat berjalanan, atau bermain game.  Dengan adanya layanan program tersebut, perjalanan pun tidak akan membosankan. (vik/mar)