Samsung Tab 3 Meluncur

Samsung Tab 3 mulai menghiasi etalase gerai modern dan tradisional.

MALANG– Samsung tidak butuh waktu lama untuk mengenalkan Samsung Tab 3 kepada masyarakat Malang Raya. Sejak pekan kemarin, produk teranyar pabrikan asal Korea Selatan ini mulai menghiasi etalase gerai modern maupun tradisional. Keberadaannya pun tak pelak mendapat perhatian dari para user, yang seketika membeli produk dengan nomor seri P3200 tersebut. “Sudah empat unit yang terjual sejak barang tersebut datang awal pekan lalu,’’ kata customer service Erafone, Lia Marita kemarin. Secara spesifik, sebetulnya tidak banyak mengalami perubahan dengan sang kakak. Sebut saja layarnya, Samsung masih membenamkan layar jenis TFT capacitive touchscreen, yang diperkaya dengan 16 juta warna.
Layar tablet ini memiliki resolusi 800 x 1280 pixels, 8.0 inches (189 ppi pixel density). Sebelumnya, Samsung juga menanamkan layar yang sama pada Samsung Tab 2. Lia mengatakan, teknologi kapasitif multi-touch digunakan memudahkan users untuk menyapu jari tanpa harus menekan layar seperti layar resisitif. “Bedanya hanya pada luas layar, Samsung Tab 3 memiliki layar lebih besar yaitu 8 inch dibandingkan kakaknya Samsung Tab 2,” ujarnya sembari mengatakan produk Samsung Galaxy Tab 3 ini dijual dengan harga Rp 4.999.000. kemarin. Selain itu produk ini juga terlihat sangat slim. Sehingga kesan cantik nan elegan pun terelihat jelas pada produk tersebut. Berat tablet ini juga cukup ringan, yaitu hanya 0.3 kg. “Bodinya slim, beratnya juga enteng, pengguna pun leluasa membawa tablet ini kemanapun berada tanpa merasa lelah,” kata dia.
Selain itu, Samsung juga menanamkan standar kinerja multitasking ke level yang lebih tinggi dengan memberikan pengalaman multitasking yang sebenarnya. Contohnya membuka beberapa jendela dalam satu layar. Dengan begitu user dapat mengecek email, membuat catatan, mencari arah jalan ataupun lainnya sambil melakukan panggilan, tanpa perlu pindah aplikasi. Sementara untuk mesinnya, Samsung juga tidak mau main-main. Produk ini ditanam dengan prosesor Dual Core dengan chipset Exynos 4212 berkecepatan 1.5 GHz dipadu memori RAM 1.5 GB, tablet ini memungkinkan multitasking lebih mulus, loading halaman web lebih cepat, transisi UI lebih halus dan power-up yang ultra cepat.
GPU nya menggunakan Mali-400MP yang memberikan tampilan grafis mulus sehingga tidak ada lagi lag ketika bermain games ataupun memutar film Full HD. Sementara itu, tablet ini tablet ini dilengkapi kamera 5 megapixel lengkap dengan fitur auto fokus. LED flash akan membantu kualitas tetap prima di kondisi minim cahaya. Tersedia juga kamera depan beresolusi 1.3 MP memudahkan pengguna untuk melakukan video call ataupun video chatting dengan kualitas optimal. “Produk ini berjalan dengan platform android 4.2.2 Jelly Bean yang sudah tentu memiliki ratusan ribu aplikasi,’’ tandas Lia. (vik/mar)