Layanan Data Operator Melesat

MALANG POST - Semakin banyaknya pengguna smartphone membuat layanan data menjadi primadona. Pada Idul Fitri 1434 H ini, trafik voice call Indosat drop karena banyak pelanggan yang lebih memilih berkomunikasi melalui akses data dan SMS. Dalam laporan yang disampaikan Indosat kepada Kementrian Kominfo H-1 Lebaran, layanan suara di Indosat mengalami penurunan hingga 15,96 persen dibandingkan hari-hari biasa atau telah berlangsung pembicaraan sebanyak 314,45 juta menit. Sedangkan layanan SMS mengalami kenaikan hingga 24,92 persen dibandingkan hari-hari biasa atau telah terkirim sebanyak 1,017 juta SMS. Sedangkan komunikasi data mengalami kenaikan hingga 42,29 persen dibandingkan hari-hari biasa atau telah digunakan sebanyak 79,30 terrabyte.
Pada hari H, layanan suara mengalami penurunan hingga 8,8 persen dibandingkan hari-hari biasa atau telah berlangsung pembicaraan sebanyak 340,96 juta menit. Layanan SMS mengalami kenaikan hingga 20,20 persen dibandingkan hari-hari biasa atau telah terkirim sebanyak 979 juta SMS. Komunikasi data mengalami kenaikan hingga 22,67 persen dibandingkan hari-hari biasa atau telah digunakan sebanyak 63,36 terrabyte. Konsentrasi trafik telekomunikasi di jaringan Indosat terbesar ada di sekitar Jawa dan Sumatera Selatan. Sebelumnya, untuk mengantisipasi kenaikan trafik selama Ramadan, Mudik dan Lebaran 2013, Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, SMS maupun data.
Sementara Telkomsel mencatat kenaikan penggunaan data secara nasional sebesar 13,55 persen dibandingkan dengan hari normal di tahun 2013. Area Sumatera dan Jawa Bali (meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali Nusra) yang merupakan tujuan mudik utama mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni 20,73 persen dan 30,79 persen. Sementara itu penggunaan SMS naik sebesar 5,42 persen. Akan tetapi layanan voice malah mengalami penurunan 4,25 persen dibandingkan hari biasa. Adapun tingkat keberhasilan koneksi data diklaim mencapai 99,85 persen dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai 99,86 persen. “Artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman,” klaim Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel.
Sedangkan operator XL juga mengalami lonjakan yang cukup besar. Tahun ini, terjadi pertumbuhan cukup pesat penggunaan ponsel pintar (smartphone) yang didukung beragam pilihan paket layanan data (data plan). Hal itu mendorong meningkatnya penggunaan layanan messaging application secara signifikan, dan bahkan terlihat mulai menggerus penggunaan layanan SMS. Ditunjang dengan tersedianya berbagai pilihan messaging application yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan lebaran yang lebih bervariasi dan menggambarkan pesan yang ingin disampaikan seperti Path, Kakao Talk, Facebook, Twitter, LINE, BBM dan
aplikasi messaging lainnya.
“Selama perayaan Idul Fitri, layanan terhadap pelanggan tetap lancar dan tidak mengalami gangguan yang berarti,” kata Ongki Kurniawan, Direktur Service Management XL dalam keterangan tertulis. Pada hari biasa trafik percakapan mencapai 600 juta menit per hari, SMS mencapai  750 juta SMS per hari dan data 185 Terabytes per hari. Kenaikan trafik tertinggi di H-1 dan H-2, terjadi pada layanan data sebesar 32,4 persen. “Peningkatan trafik tertinggi penggunaan layanan voice pada hari H Lebaran terjadi pada region Central (Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY) yang rata-rata mencapai 14,9 persen, disusul region East (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara) sebesar 7,8 persen,” pungkasnya. (dk/mar)