Gadget Hilang, Gunakan Find My iPhone

MALANG POST – Pengguna produk Apple kian mendapat angin segar dengan hadirnya banyak aplikasi. Salah satunya aplikasi yang  dapat dimanfaatkan para user adalah Find My iPhone. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi dari layanan dari Apple inc yang memungkinkan pengguna melacak lokasi perangkat iOS dan kumputer Mac, dari jarak sangat jauh sekalipun. Layanan ini baru tersedia untuk pengguna iPhone iOS 5. Tak pelak, dengan aplikasi ini pengguna pun tidak perlu bingung lagi mencari keberadaan gadget miliknya. “Biasanya aplikasi ini digunakan oleh pengguna yang memiliki lebih dari satu device Apple, seperti iPhone, iPod, iPad, MacBook atau iMac.,” kata Marketing Global AAR, Jefri Gigih.
Aplikasi ini memang cukup membantu, terutama saat mengetahui gadget yang hilang. Contohnya kehilangan iPhone, iPad, atau iPodTouch pada saat pergi. Cukup menginstall Find My iPhone pada perangkat lain, buka, dan sign in dengan Apple ID.  Tapi begitu, untuk bisa menemukan Find My iPhone harus pernah dikonfigurasi pada perangkat yang hilang. “Pengguna akan melihat lokasi perangkat pada peta dan dapat memilih untuk memilikinya menampilkan pesan atau memutar suara, jauh mengunci perangkat, atau menghapus secara permanen untuk menghapus semua datanya jika berpikir bahwa itu tidak akan dikembalikan,” terangnya.
Untuk keamanan tambahan, aplikasi secara otomatis akan membuat sign out setelah 15 menit, atau dapat secara manual keluar setiap saat. “Saat gaget yang dicari masih hidup, maka seketika bisa dicari, namun begitu pencarian akan gagal saat gadget yang hilang dalam kondisi off,” kata pria asal Banyuwangi.
Dijelaskan dia, aplikasi ini dapat didownload,  secara gratis melalui APP Store. Dan pengguna hanya perlu mendaftarkan apple id miliknya untuk kemudian dapat mengakses aplikasi ini.  Atau jika di komputer, lanjutnya, pengguna dapat memeriksa dengan Apple ID masuk melalui www.mobileme.com. Kemudian gunakan Apple ID yang sama untuk menghidupkan Find My iPhone pada IOS lainnya 4,2 perangkat termasuk iPhone 3G, 3GS, atau iPod touch. Sementara Ayu Rahmadhani, pengguna aplikasi ini mengaku aplikasi Find My iPhone tersebut sangat membantu dirinya, yang memang kerap lupa meletakkan ponselnya. Dengan aplikasi tersebut, Ayu pun cepat menemukan. (vik/mar)