Trafik Telkomsel di Jatim Melonjak Drastis

MALANG POST – Telkomsel mencatat peningkatan trafik layanan komunikasi yang signifikan di lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian di wilayah Jawa Timur (Jatim) pada periode Idul Fitri 1434 Hijriyah yang lalu. Di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi trafik layanan suara Telkomsel pada H-3 Lebaran melonjak drastis 610 persen atau menjadi lebih dari 8 kali lipat dibandingkan hari normal. Lonjakan trafik di Pelabuhan Ketapang juga terjadi untuk layanan data, yakni meningkat 380 persen dibandingkan hari normal atau sama seperti peningkatan trafik pada Lebaran tahun lalu.
Peningkatan trafik layanan data tertinggi pada periode Lebaran di Jawa Timur terjadi di Pelabuhan Ketapang sebesar 190 persen, dibandingkan trafik pada hari biasa. Tren peningkatan trafik layanan di periode Lebaran yang pada tahun-tahun sebelumnya didominasi layanan SMS, sejak 3 tahun terakhir beralih ke layanan data. Terbukti trafik layanan data di wilayah Jawa Timur pada H-1 hingga hari kedua Lebaran rata-rata meningkat 22 persen, sedangkan trafik SMS pada Hari H Lebaran justru menurun drastis rata-rata 50 persen dibandingkan hari normal.
“Ucapan 'Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin' melalui aplikasi pesan instan atau chatting dan media sosial seperti Facebook dan Twitter secara umum lebih diminati masyarakat ketimbang SMS. Pada periode Lebaran pelanggan juga relatif lebih sering melakukan browsing untuk mengakses informasi melalui perangkat mobile-nya,” jelas Galumbang Pasaribu, GM ICT Operation Telkomsel Regional Jawa Timur.
Dari sisi tingkat kesuksesan layanan, secara umum pelanggan juga terlayani dengan baik, di mana tingkat kesuksesan layanan suara rata-rata sebesar 97 persen, sementara tingkat kesuksesan layanan data dan SMS selalu di atas 99 persen. “Berkat semua persiapan penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan yang kami lakukan, kebutuhan komunikasi pelanggan Telkomsel di wilayah Jawa Timur pada periode Lebaran ini dapat terakomodasi dengan baik,” ungkap Galumbang, panggilannya.
Sebelumnya Telkomsel telah memastikan infrastruktur jaringan terjaga dengan baik dan berada dalam kondisi optimum untuk melayani masyarakat sepanjang musim mudik hingga arus balik Lebaran. Pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat dan pemantauan trafik layanan terus dilakukan selama 24 jam pada periode H-7 hingga H+7 Lebaran.  Pada hari pertama Lebaran, Telkomsel juga mencatat peningkatan layanan isi ulang pulsa sebesar 32 persen dibandingkan hari biasanya. “Peningkatan ini dipicu tingginya pemanfaatan layanan isi ulang pulsa yang tersedia di sekitar 800 Outlet Siaga di sepanjang jalur mudik di wilayah Jawa Timur,” tambah Ericson Sibagariang, GM Sales & Customer Care Telkomsel Regional Jawa Timur. (mar)