BlackBerry dan Samsung Panen Besar

MALANG – Upaya BlackBerry meningkatkan penjualan dengan memproduksi produk menggunakan operating system (OS) BlackBerry 10 cukup membuahkan hasil. Itu terbukti, dua produk BlackBerry yang menggunakan OS BlackBerry 10 yaitu Z10 dan Q10 banyak diminati masyarakat. Di Global Teleshop contohnya, dua produk BlackBerry 10 ini cukup laris. “Sebetulnya bukan produk best seller juga, tapi selama Ramadan kemarin cukup lumayan,” kata supervisor Global Teleshop Malang, Bobin Febriyanto.  Secara fisik kedua produk ini memang berbeda. Z10 merupakan ponsel layar sentuh, sedangkan untuk Q10 merupakan ponsel kombinasi antara layar sentuh dan keypad.
“Jika dibandingkan antara Q10 dengan Z10 lebih laris Q10, karena bentuknya lebih familiar dan mudah dalam pemakaiannya,” ucap dia. Selain fisiknya yang berbeda kedua handset tersebut lebih banyak kesamaannya. Sebut saja prosesor, menurut Bobin,Z10 dan Q10 sama-sama menggunakan prosesor dualcore krait 1.5 GHz dengan pengolahan grafik Adreno 225.
BlackBerry Q10 dan Z10 sama-sama dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel dengan fitur auto focus serta LED flash di dalamnya. “Hanya bentuknya yang berbeda. Selainnya semuanya sama,” tandas Bobin yang menyebutkan harga kedua ponsel tersebut untuk saat ini Rp 5,9 jutaan untuk BlackBerry Z10 dan Rp 7,4 jutaan untuk BlackBerry Q10.
Senada dengannya, Marketing Oke Shop,  Desyta mengatakan jika Q10 dan Z10 cukup laris saat Ramadan. “Untuk penjualan, Samsung memang berada di  peringkat pertama, dan BlackBerry di peringkat kedua, disusul dengan merek-merek lain. Untuk BlackBerry sendiri, masih dipegang BlackBerry Curve 9320 (Davis) dan Curve 9330 (Amstrong) sebagai produk best seller BlackBerry. Sedangkan untuk penjualan  produk lainnya juga meningkat, meskipun tidak banyak," tegasnya.
Jagokan Layar Besar
SAMSUNG memang cukup jago dalam hal menciptakan produk, baik smartphone ataupun tablet. Salah satu produk barunya yang mendapat respon positif dari para konsumen adalah, Samsung Mega. Salah satu buktinya adalah, produk yang dikenalkan sejak akhir Juli lalu banyak laku terjual. Promotor Samsung Malang, Silva Krisna menyebutkan, Samsung Mega memiliki dua versi, yaitu versi 5.8 inci dan versi 6.3 inci. Namun begitu dari dua versi tersebut versi yang 6.3 incilah yang paling laris. “Selama Ramadan ada sekitar lima unit Samsung Galaxy Mega versi 6.3 inci yang laku,” kata Silva.
Memang tidak heran jika versi 6.3 inch ini lebih banyak dicari dibandingkan dengan yang versi 5.8 inci. Alasannya, secara teknologi versi 6.3 inci lebih bagus. Menurut dia, salah satu keunggulan Samsung Mega 6.3 inci adalah layar. “Layarnya 6.3 inci,  jenis SC LCD, dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan ketajaman 233 ppi,” terangnya. Dan produk ini juga dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel dan fitur LED flash, dengan kamera depan 1.9 megapiksel. Produk ini juga diyakini bisa bekerja ekstra keras, karena ditanami dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 400 jenis dual core 1.7 GHz krait dan RAM 1.5 GB.
Produk ini juga memiliki memory internal sebesar 16 GB yang dapat diperluas hingga 64 GB. “Androidnya paling baru, yaitu 4.2.2, sehingga banyak aplikasi yang bisa ditawarkan," kata Silva. Sementara fitur lainnya, dia pun menyebutkan, ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3200 mAh, produk ini juga mendukung jaringan GSM, GPRS, EDGE, HSPA dan 4G LTE. "Produk ini juga mendukung koneksi GPS, Bluetooth, Wifi, dan bisa dijadikan sebagai Wifi Hotspot," tandasnya. (vik/mar)