Galaxy Note Best Seller

MALANG– Sebagai perusahaan elektronik, Samsung dikenal sering melakukan inovasi. Inspiration Doesn’t Wait, itulah kalimat yang sering digunakan pabrik elektronik raksasa ini pada produk smartphone maupun tabletnya.  Hampir setiap produk barunya keluar, Samsung selalu membubuhkan teknologi terbaru. Sebut saja Samsung seri Galaxy Note.  Selain diisi dengan teknologi baru, seri Galaxy Note ini juga menonjol pada sisi layar. Sebut saja Samsung Galaxy Note 10.1 inci, Samsung Galaxy Note 2 dan terbaru adalah Samsung Galaxy Note 8, yang mengusung layar 8 inci. Promotor Samsung Malang, Puteri Afrilian Swastika, mengatakan tiga seri Galaxy Note ini memang menjadi produk best seller.
Terutama Galaxy Note 2. Ponsel dengan layar 5 inci itu banyak diburu konsumen, lantaran bentuknya yang sangat fleksible. “Biasanya, konsumen memilih gadget dengan layar lebar, tapi sekaligus fleksible yakni bisa digunakan telepon ataupun aktifitas lainnya,” ucap wanita bertugas di Erafone tersebut. Bukan itu saja, Galaxy Note 2 banyak dipilih karena mengedepankan lifestyle. Dimensi yang lebih kecil kecil dengan layar super jernih karena menggunakan teknologi super AMOLED dan kamera berkekuatan 8 megapiksel di bagian belakang cocok dipakai untuk mendukung lifestyle modern.
“Belum lagi dengan adanya perlindungan layar gorilla glass, membuat ponsel ini tampak lebih tangguh. Untuk  layar Note 2 memang lebih dijagokan dibandingkan ‘saudaranya’,” papar dia. Disiunggun masalah harga, Putri mengatakan jika Galaxy Note 2 berada di tengah-tengah, yaitu dibanderol dengan harga Rp 6,5 juta. Sedangkan Galaxy Note 10.1 inci dibanderol harga Rp 7 juta, sedangkan Note 8 dijual dengan harga Rp 5,5 juta. “Sekarang Galaxy Note 8 juga direspons pencinta gadget.  Produk ini dianggap memberikan keleluasaan pada para penggunanya saat mengoperasikannya,” tambah dia.
Di bagian lain, Putri menjelaskan Samsung mencoba menghadirkan smartphone kelas middle. “Kamera pada Note 8 resolusinya 5 megapiksel. Untuk kamera depan 1,3 megapiksel. Meskipun membidik segmen menengah, namun Samsung menanamkan cukup banyak spesifikasi mumpuni pada Note 8. Smartphone yang memiliki dimensi 135,9x210,8x7,95 mm ini dilengkapi dengan kemampuan multi windows sehingga pengguna bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar,” urai Putri. Aplikasi lain yang terangkum dalam Note 8 antara lain S Note yang bisa digunakan untuk membuat scrapbook portable dengan bantuan stylus (S Pen), ada juga S Planner yang bisa dibuat lebih atraktif dengan menggunakan S Pen.
Samsung Smartwatch Muncul
Sudah dipastikan, jam tangan pintar Samsung akan memulai debutnya pada bulan September nanti. Dijuluki Galaxy Gear, gadget ini tak hanya bisa dipakai untuk browsing, namun juga untuk membuat panggilan telepon. Jam tangan tersebut bakal membuat persaingan bisnis dengan Apple kian meruncing. Pasalnya, Apple juga santer diberitakan tengah menyiapkan piranti serupa, iWatch. Dikutip dari Bloomberg, Galaxy Gear akan diperkuat dengan sistem operasi Android. Perusahaan Korea Selatan ini bakal menguak produknya tersebut pada 4 September mendatang.
Tanggal yang dipilih tersebut hanya berjarak dua hari dengan pameran elektronik IFA di Berlin. Adapun diyakini, pada saat yang bersamaan dengan melenggangnya Galaxy Gear, Samsung juga akan menguak keberadaan Galaxy Note 3. Galaxy Gear kabarnya tak akan mengusung fleksible display. Display yang dapat ditekuk ini sebelumnya dipercaya akan menjadi salah satu spesifikasi Gear, berdasarkan paten yang terdaftar di Amerika Serikat dan Korea Selatan.
Nah, tak hanya bersaing dengan Apple, Samsung juga harus berkompetisi dengan produsen Sony Corp yang sudah duluan mengeluarkan smartwatch. Samsung diprediksi akan mulai menjual produknya pada tahun 2013 ini. (vik/mar)