Murah Namun Tahan Air

MALANG – Tidak semuanya ponsel dengan teknologi tahan air dan tahan debu dijual dengan harga mahal. Terbukti, ponsel satu ini dijual dengan harga sangat murah. Adalah Cross SP1. Ponsel lokal yang hadir dengan empat pilihan warna, hitam, putih, merah, dan biru ini hanya dibanderol dengan harga Rp 310.000. Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan ponsel tahan air keluaran Sony yang dijual dengan harga paling murah Rp 2,4 juta yaitu Sony Xperia Go. Sekalipun belum diketahui sejauh mana ketahanan air pada ponsel ini, namun secara tampilan cukup meyakinkan.
Cross yang mahir akan inovasi memberikan pelapis karet untuk baterai, serta bagian bawa ponsel yang tertutup karet yang berfungsi sebagai pelindung lubang. “Di bagian bawah ada dua lubang, jack untuk audio serta jack untuk pengisian baterai,” kata Marketing Orioginal Shop, Eko Purnomo.  Selain karet, tidak ada pelindung lain untuk ponsel ini. Bahkan, bagian belakang ponsel yang terdapat lubang speaker juga tidak terlindungi.  Secara bentuk, Cross SP1 ini terlihat cukup biasa. Ponsel ini mengusung model candy bar dengan layar LCD seluas 2.4 inci. Layar ponsel ini menggunakan jenis QVGA, beresolusi 240 x 320 piksel.
Layaknya ponsel lokal pada umumnya Cross SP1 ini juga mendukung dual SIM GSM-GSM, serta dilengkapi dengan kamera. “Selain keunggulan water resistance dan shock dust, fitur flight mode pun menjadi andalan pada Cross SP1,” tambah Eko. Memang mode terbang masih cukup jarang digunakan vendor lokal pada ponsel kelas low endnya. Padahal mode tersebut sangat membantu, terutama mereka yang kerap bepergian menggunakan pesawat.
Sekalipun tampil dengan spesifikasi dan fitur standar, pengguna juga bebas berinternet menggunakan ponsel ini. Itu karena adanya dukungan koneksifitas WAP dan GPRS, yang bisa digunakan pengguna untuk menjelajah dunia maya.  Sementara untuk segi hiburan, Cross juga membubuhkan fitur hiburan dengan format MP3/MP4 serta 3GP, dan FM Radio. Dan ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur kalculator untuk memudahkan pengguna melakukan peghitungan. (vik/mar)