Beda Tipis, Q5 Diburu

MALANG – Berbekal operating system (OS) BlackBerry 10 dengan harga yang lebih ramah membuat Q5 banyak dilirik para user. Ponsel inipun nyaris hilang di pasaran. Banyak outlet atau gerai penjualan BlackBerry kehabisan stok, saking larisnya ponsel yang dijual dengan harga terakhir Rp 3,9 jutaan itu. “Banyak yang cari. Rata-rata sudah kehabisan stok,” kata Sales Spesialis BlackBerry Malang, Yossy Pratiwi.  Wanita  yang memiliki wilayah tugas di areal Malang Town Square (Matos) ini mengatakan, sebagai produk baru, penjualan Q5 memang melejit. Bahkan mengalahkan penjualan BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10, yang juga menggunakan OS BlackBerry 10.
“Harga sangat mempengaruhi. Dua generasi sebelumnya dijual di atas harga Rp 5 juta. Tapi Q5 dijual tidak lebih dari Rp 4 juta,” ucap wanita cantik ini. Selain soal harga yang lebih terjangkau, larisnya produk karena memang cukup apik. Dijelaskan Yossy, panggilannya, sekilas tampilan Q5 sama dengan Q10, yang mendukung layar sentuh dan keypad QWERTY untuk kemudahan navigasi. Luas layarnya pun sama, yaitu 3.1 inci. Hanya saja bedanya, dimensi, Q5 lebih kecil. “Dimensi Q5, 120 mm x 66 mm x 10.5 mm, sedangkan dimensi Q10, 119.6 mm x 66.8 mm x 10.35 mm. Sementara layarnya meskipun sama-sama 3.1 inci, layar Q5 hanya jenis LCD,  sementara Q10 mengusung layar Super AMOLED,” urai dia.
Meskipun memasang layar yang lebih bagus, tapi faktanya resolusi layar pada Q5 dan Q10, yaitu
720 x 720. Bahkan untuk tingkat kerapatan layarnya hanya berbeda satu, yaitu tingkat kerapatan layar Q5 329 ppi, sedangkan tingkat kerapatan Q10 mencapai 330 ppi. “Layar super AMOLED yang ditanamkan pada Q10 ini, memberikan dampak hemat daya, sehingga baterai Q10 akan jauh lebih hemat,” terangnya. Jenis prosesor yang ditanamkan pun sama, yaitu menggunakan prosesor dual core dengan chipset Qualcomm MSM 8960.
Bedanya hanya ada pada kecepatan, kecepatan prosesor Q10 1.5 GHz sedangkan Q5 hanya 1.2 saja. Sementara untuk RAM nya juga sama yaitu 2 GB.  “Perbedaan paling mendasar justru ada pada fitur di dalamnya. Contohnya kamera, Q5 menggunakan kamera dengan lensa 5 megapiksel dengan 5 kali digital zoom sedangkan Q10 menggunakan kamera 8 megapiksel dengan 5 kali digital zoom. “Karena spesifikasi yang tidak jauh berbeda inilah, Q5 banyak diminati,” tandas Yossy. (vik/mar)