Layar Ditekuk, NEX-5N Siap Jepret

Meskipun bukan produk baru dalam jajaran kamera, namun Sony NEX-5N ini cukup mendapat perhatian dari para pecinta fotografi. Alasannya kamera model semi pro ini memiliki hasil yang maksimal layaknya kamera digital single-lens reflex atau DSLR. Bahkan, hasil maksimal tersebut dapat diperoleh oleh para pemula sekalipun. Marketing Photo Pantai Malang Town Square (Matos), Agus Haryanto mengatakan secara sekilas NEX-5N memang seperti kamera poket biasa. Bodi pada kamera ini terlihat tipis dan kecil. Serta adanya layar di bagian belakangnya.
Namun kamera ini menjadi berbeda saat sudah terpasang lensa. Bentuknya pun sekilas akan mirip bentuk kamera  DSLR. Dijelaskan dia, Sony NEX-5N ini merupakan model keempat dari keluarga NEX. Kamera ini mengusung sensor 16,1 megapiksel dengan Exmor APS HD CMOS, sistem 25 titik otofokus, 49-segment exposure meter, dan layar LCD 3 inci dengan resolusi 921 ribu-dot. NEX-5N juga menyajikan antarmuka baru di layar sentuhnya dan memiliki rentang ISO yang jauh lebih besar, yakni 100-25.600, baik untuk shutter secara mekanik maupun elektronik, dan dapat merekam gambar yang bergerak cepat pada 10fps full resolution.
Selain untuk menangkap gambar diam, NEX-5N dapat merekam video dengan definisi tinggi penuh atau Full HD 1920 x1080p dengan kualitas Advanced Video Coding High Definition (AVCHD). “Lensanya bisa dibuka-pasang berkat E-mount system. Yang hebat, kamera seri NEX ini juga bisa menggunakan lensa reguler kamera DSLR Sony Alpha dengan ukuran apa pun,” terang Agus. Namun begitu, pengguna tetap membutuhkan aksesori adapter LA-EA2 yang dijual terpisah. “Setiap penjualan ada paket lensa lensa 18-55mm f/3.5-6.3. Sementara jika membutuhkan lensa lainnya, bisa dibeli di toko-toko kamera,” ucapnya.
Namun yang membuat kamera ini lebih dibandingkan dengan kamera poket atau kamera DSLR adalah penggunaan yang mudah dan hasil yang maksimal. Menurut Agus, kinerja Sony NES-5N ini sama seperti kamera poket pada umumnya, Sony NEX-5N juga tak dilengkapi dengan view finder. Untuk membidik obyek yang hendak direkam, kita cukup melihat layar LCD sebesar 3 inci. Sudut pandang layar NEX-5N bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengambil gambar posisi rendah, misalnya, kita tak perlu membungkukkan tubuh. Layar LCD hanya perlu ditekuk ke atas dan kamera siap menjepret. (vik/mar)