Ngecas Nggal Perlu Pakai Kabel

MALANG POST - Teknologi yang ditawarkan di dalam mobil kedepannya akan semakin canggih dan pastinya pengguna mobil akan merasa dimudahkan dengan adanya teknologi modern itu. Salah satunya teknologi yang akan ditawarkan oleh pabrikan mobil General Motors (GM) mengenai pengisian baterai smartphone di mobil tanpa menggunakan kabel. Demikian dilansir Bloomberg, Sabtu (24/8).

Menurut Chief Executive Officer Powermat Technologies Limited Ran Poliakine, rencananya sistem pengisian baterai nikrabel untuk ponsel pintar akan mulai direalisasikan tahun depan di beberapa model mobil GM yang baru.
Dengan teknologi ini, pengguna mobil yang memiliki ponsel pintar jika hendak mengisi baterainya tidak perlu mencolokan kabel ke pematik api atau slot USB. Tapi sayangnya, cara seperti ini tidak bisa dilakukan oleh semua jenis smartphone hany ada beberapa merek saja.
Kalau tidak menggunakan kabel, lalu darimana baterai ponsel pintar itu akan terisi? Nantinya, baterai ponsel pintar itu akan terisi dengan sendirinya ketika smartphone itu diletakan dipermukaan tertentu dibagian mobil.
Lebih lanjut, konsep seperti ini sebenarnya sudah lama diperkenalkan pada Chrysler Group pada Dodge Fart buatan 2013 dan disiapkan untuk Jeep Cheroke model 2014. Untuk pabrikan Jepang yang akan menggunakannya yakni Toyota pada Avalon 2013 sebagai opsional.

"Mobil itu adalah bagian yang paling penting bagi kehidupan manusia termasuk smartphone," kata Poliak. (dtc/fia)