Smartphone dan PC Bisa Klik dengan SideSync

MALANG – Banyak pengguna smartphone yang kesulitan menghubungkan antara ponsel pintarnya dengan PC. Tapi sekarang, kesulitan tersebut tidak perlu terjadi, seiring adanya software bernama SideSync. Software ini menjadi jawaban mudah pengguna smartphone untuk menghubungkan ponselnya smartphone dengan PC atau sebaliknya.
Pemilik Rolland Cell, Andik Siswanto mengatakan, SideSync merupakan sebuah software yang dikenalkan Samsung pada pertengahan April lalu. Software ini dibuat dengan tujuan, memberikan kemudahan kepada para pengguna smartphone untuk menghubungkan antara ponsel pintarnya dengan PC atau sebaliknya.
“Dengan software ini, pengguna smartphone bisa membackup data ponselnya ke dalam PC dalam sekejap. Dan menariknya, backup data tersebut dapat dilakukan tanpa harus mencolokkan ponsel ke PC,’’ kata Andik.
Andik menjelaskan, jika saat ini cukup banyak pengguna smartphone yang memanfaatkan ponselnya tidak sekadar untuk alat komunikasi ataupu menjelajah internet. Tapi banyak juga dari mereka yang memanfaatkan smartphonenya sebagai alat menyimpan data, baik data pribadi maupun pekerjaan. Lantaran itulah, pengguna smartphone pun berkeinginan menyimpan datanya seaman mungkin, termasuk saat ponselnya hilang sekalipun.
“Disinilah pentingnya adanya SideSync  pada ponsel dan PC. Saat ponsel hilang, pengguna bisa mengontrol datanya dari PC, yang sudah terhubung dengan ponsel, ,’’ kata pria yang mengaku asal Malang ini.  Selain itu pengguna juga dapat melakukan drag and drop pada dua perangkat menggunakan mouse ataupun keyboard.
Bukan itu saja, Andik juga mengatakan SideSync bisa menjadikan ponsel pengguna sebagai perpanjangan dari komputer, lantaran dengan aplikasi yang ada di dalamnya seluruh data di komputer dapat terbaca dari ponsel yang terhubung.
“Auto Back Up ini bisa menyimpan daftar kontak, kalender kerja (task), SMS/MMS, SMS/MMS Setting, Memo, Logs, Aplikasi dasar ponsel, musik, foto, video, dan lainnya,’’ kata Andik. SideSync ini dapat digunakan dengan perangkat Android minimal 4.1 Jelly Bean, atau Windows Phone 8.
Salah satu perangkat yang bisa mensupport aplikasi ini adalah Samsung Galaxy Note II. Smartphone dengan luas layar 5.5 inch ini akan sangat mudah dihubungkan dengan perangkat komputer. Dan pengguna juga tidak akan kesulitan saat mengontrol PC miliknya melalui layar ponsel, lantaran layar ponsel yang lumayan besar.
Untuk menghubungkan dua perangkat tersebut, Andik pun menjelaskan dengan detail. Langkah pertama pengguna harus lebih dulu mendownload aplikasi tersebut, baik pada smartphone ataupun komputernya.
Setelah download, pengguna akan mendapatkan kode. Kode itulah yang menghubungkan antara smartphone dan PC. “Mudah kok, dan ini sangat bermanfaat. Terutama untuk para pekerja yang kesehariannya tidak pernah lepas dari layar komputer. Karena pekerjaan tersebut bisa dikontrol melalui layar ponsel, dimana dan kapanpun berada,’’ tandas pria berjenggot ini.(vik/fia)