BlackBerry Salip Android

BlackBerry boleh saja digonjang ganjing dengan rencana fitur BlackBerry Messenger (BBM) yang bisa digunakan di ponsel Android. Namun kenyataannya, hingga kemarin, penjualan smartphone tersebut masih menduduki posisi pertama dalam penjualan di Malang. Ponsel besutan Research In Motion (RIM) ini malah menunjukkan taringnya di beberapa outlet ternama  “BlackBerry masih menduduki posisi pertama yang paling banyak dibeli konsumen. Setelah itu baru ponsel berbasis Android,” tutur Marketing Oke Shop Mall Olimpic Garden (MOG), Desy Anita.  Meski tidak menyebutkan angka pastinya, ponsel asal Kanada ini berhasil menyalip penjualan ponsel berbasis Android.  
“Saingannya memang ponsel Android. Tapi karena BlackBerry kerap ada promo, konsumen pun banyak memilih BlackBerry sehingga dalam segi penjualan masih berada di tingkat atas,” tambahnya. Customer Service Erafone, Ayu Wahyu mengatakan hal yang sama. Selama bulan Agustus ini, penjualan BlackBerry  memang sangat banyak. Menurutnya ini tidak lepas dari berbagai promo yang diadakan.  Tahun 2013 ini saja, BlackBerry sudah beberapa kali menggelar promo gratis power bank untuk pembelian semua tipe BlackBerry. Selanjutnya disusul dengan promo pemberian voucher gratis Hypermart atau Foodmart senilai Rp 250.000.
“Banyak konsumen yang tergiur dan membeli BlackBerry karena adanya gratis power bank untuk tetap melancarkan hobi chatting, BBM-an dan berselancar di dunia maya tanpa henti,” tambah Ayu, sapaannya. Ini juga ditambah dengan promo potongan harga yang berpengaruh sangat besar dalam penjualan BlackBerry. Seperti BlackBerry Z10, yang saat dijual dengan harga Rp 7,5 juta, kini dijual dengan harga Rp 5,5 juta. Sementara untuk tipe lainnya, jumlah potongannya pun relatif, alias disesuaikan dengan harga BlackBerry. “Seri 9220 Curve dan 9230 tetap menjadi jawara karena harganya sangat terjangkau,” tambah dia.
Namun begitu, BlackBerry Q5 juga terus diburu. Ponsel yang baru dilaunching beberapa waktu lalu ini mendapat respons sangat baik dari masyarakat. Selain bentuknya yang mirip Q10, ponsel ini juga dibekali dengan operating system BlackBerry 10, sehingga secara tampilan Q5 ini sangat apik dan elegan.  “Produk baru BlackBerry adalah, Z10, Q10 dan terbaru adalah Q5. Pada produk Z10, BlackBerry mengusung layar touch screen, dengan prosesor dualcore berkecepatan 1.5 GHz dengan RAM 2 GB. Sementara Q10, secara hardware spesifikasinya sama  dengan Z10. Hanya saja, pada produk ini, BlackBerry tidak sepenuhnya menanamkan layar sentuh, melainkan kombinasi layar sentuh dan touch screen,” pungkasnya. (vik/mar)