Samsung Gear Meluncur Minggu Depan

TAK lagi sekadar kabar angin, Samsung telah memastikan tanggal rilis smartwatch atau jam tangan pintar miliknya. Dan benar saja Galaxy Gear ini akan diumumkan pada 4 September nanti.
"Kami akan mengumumkan konsep wearable device baru yang akan diberi nama Galaxy Gear pada even di Berlin, 4 September mendatang," kata Executive Vice President Lee Young-hee, kepada Korean Times dan dikutip Malang Post , Rabu (28/8).
Tanggal yang dipilih tersebut bersamaan dengan pameran elektronik IFA di Berlin. Adapun diyakini, pada saat yang sama dengan melenggangnya Galaxy Gear, Samsung juga akan menguak keberadaan smartphone Galaxy Note 3.
Galaxy Gear akan diperkuat dengan sistem operasi Android. Akan tetapi kabarnya tak akan mengusung flexible display seperti rumor yang selama ini beredar. Display yang dapat ditekuk ini sebelumnya dipercaya akan menjadi salah satu spesifikasi Gear, berdasarkan paten yang terdaftar di Amerika Serikat dan Korea Selatan.
Nah, tak hanya bersaing dengan Apple yang dipercaya segera mengenalkan jam tangan pintar, Samsung juga harus berkompetisi dengan produsen Sony Corp yang sudah lebih dahulu mengeluarkan smartwatch. Samsung diprediksi akan mulai menjual produknya pada akhir tahun 2013 ini.
Sebelum muncul kepastin rilis, telah santer beredar rumor mengenai Samsung Galxy Gear, diantaranya:

Bentuknya Mainstream
Bentuknya akan seperti jam tangan kebanyakan, mungkin sengaja didesain agar tidak terlalu mencolok saat digunakan oleh penggunanya.
Jelasnya, Samsung Gear ini akan memiliki layar dengan diagonal antara 2,5 inch sampai 3 inch. Pas untuk ukuran sebagai jam tangan.
Selain itu, menurut kabar yang beredar jam tangan pintar Samsung ini akan hadir dengan beragam warna selain pilihan warna hitam yang utama.

Pakai Layar Flexibel?
Ini yang paling ramai diperbincangkan. Samsung yang tengah mengembangkan layar fleksibel akan membenamkannya di layar smartwatchnya.
Namun sayangnya, Galaxy Gear kabarnya tak akan mengusung flexible display. Layar yang dapat ditekuk ini sebelumnya dipercaya akan menjadi salah satu spesifikasi Gear, berdasarkan paten yang terdaftar di Amerika Serikat dan Korea Selatan.
Galaxy Gear diyakini hanya menggunakan layar super AMOLED dengan kepadatan resolusi 320 x 320 pixel.

Jeroan Mumpuni
Selain disokong dengan baterai yang membuat daya tahannya jauh lebih lama, Samsung Gear juga hadir dengan 'jeroan' yang lumayan mumpuni.
Walaupun belum dipastikan kebenarannya, sumber di situs SamMobile telah memberikan bocoran seperti apa saja prosesor yang bakal dihadirkan Samsung di jam tangan pintar perdananya itu.
Menurut situs tersebut, akan ada prosesor Samsung Exynos 4212 dengan kekuatan dua otak alias dual core dengan dapur pacu yang berlari di 1.5 Ghz.
Ini melengkapi GPU Mali-400 MP4 dan RAM 1GB sebagai penyokong di samping prosesor.

Ada Kamera 2MP
Walaupun cuma jam di pergelangan tangan, tapi nyatanya Samsung akan turut membenamkan kamera di wearble gadgetnya tersebut. Tak terlalu besar memang, hanya 2 megapixel.
Selain itu, soal konektivitas Samsung Gear ini turut diintergrasikan dengan fitur semacam Bluetoth dan Near field Communication (NFC).
Soal sistem operasi, tentu saja Android Jelly Bean versi terbaru. Tapi, antara versi Android 4.1 atau yang 4.2.

Bisa ‘Halo-halo’?
Masih diperdebatkan apakah nantinya smartwatch Samsung akan dibekali jaringan seluler. Karena bila ya, maka piranti ini akan mampu digunakan untuk telepon.
Selain 'halo-halo', perangkat ini bisa juga untuk melakukan browsing dan berkirim pesan. Tapi melihat ukurannya yang tak terlalu besar, bisa jadi ini hanya alat penunjang yang terhubung dengan perangkat ponsel atau phablet Samsung.