Layani APEC 2013

Seakan tak mau kalah dengan Telkomsel dan Xl Axiata, operator seluler Indosat pun turut menjanjikan layanan dan fasilitas telekomunikasi ciamik selama ajang Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 di Bali. “Kami merasa bangga dipercaya untuk kesekian kalinya mendukung fasilitas telekomunikasi bagi sebuah acara internasional yang penting bagi bangsa Indonesia, termasuk rangkaian acara APEC 2013 yang akan berlangsung sebentar lagi di Bali,” kata President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli. Dia mengaku yakin dengan pengalaman dan berbagai layanan Indosat teknologi terkini, pihaknya siap dan berkomitmen untuk menyukseskan rangkaian APEC 2013. “Sehingga Indonesia dapat bangga menjadi tuan rumah dari konferensi bergengsi ini,” ujarnya dalam rilis kepada Malang Post.
Salah satu layanan yang dihadirkan Indosat adalah Super WiFi yang disebar di berbagai lokasi penting untuk mendukung suksesnya APEC, seperti di sejumlah hotel tempat delegasi menginap dan beberapa lokasi konferensi. Indosat Super WiFi adalah layanan Internet Unlimited melalui jaringan WiFi dengan kecepatan tinggi hingga 20 Mbps, dengan teknologi Extensible Authentication Protocol-SIM (EAP-SIM). Yaitu teknologi yang memungkinkan pengguna dapat terhubung ke jaringan WiFi Indosat tanpa harus mengisi username & password (seamless). Saat ini fitur tersebut sudah dapat digunakan di berbagai perangkat sistem operasi meliputi Android, iOS, Windows Phone dan BlackBerry.
Layanan lain yang juga dihadirkan Indosat selama forum APEC 2013 di Bali ini, antara lain;  Indosat Cloud memungkinkan sistem registrasi bagi para delegasi dan peserta APEC dilaksanakan sebelum forum ini dimulai, layanan broadcast, satu-satunya operator yang menyediakan layanan TV ke seluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan media dan broadcaster dalam akuisisi berita TV, penyediaan fasilitas jaringan studio mini dan siaran langsung serta penyebaran berita tentang semua kegiatan APEC ke seluruh dunia melalui jaringan satelit internasional Indosat yaitu Satelit PALAPA dan satelit-satelit mitra Indosat lainnya.
“Kami juga memberikan layanan selular yang didukung dengan jaringan 3G di frekuensi 900 MHz, yang diwujudkan dengan modernisasi jaringan sehingga siap mendukung APEC dengan jaringan 3G yang beroperasi di frekuensi 900 MHz,” papar Alexander Rusli. Menurutnya, Indosat berupaya memberikan kualitas prima untuk semua layanannya baik suara, SMS maupun komunikasi data, termasuk layanan video Indosat di area konferensi APEC yang didukung dengan kekuatan backbone fiber optik terestrial dan kabel laut domestik dan international serta jaringan satelit regional dan internasional milik Indosat.
“Ini dilakukan dengan kapasitas dan reliabilitas tinggi serta dukungan koneksi ke berbagai provider internet international tier 1 dan peering partner di Hongkong dan Singapore. Termasuk layanan internet 24 jam khusus di berbagai lokasi hotel para delegasi menginap,” tegasnya.  Indosat menyediakan layanan internet dedicated yang didukung dengan jaringan fiber optik khususnya untuk kebutuhan layanan Internet dan Indosat Phone (fixed lines), baik untuk kebutuhan lokal, long distance maupun international roaming. “Sejalan dengan misi kami untuk menjadi operator pilihan yang memberi layanan berkualitas dan berkelas dunia yang menghubungkan Indonesia dengan dunia internasional, kami bertekad untuk turut menyukseskan APEC Bali 2013 ini dengan kualitas layanan telekomunikasi terbaik bagi seluruh peserta acara,” pungkasnya. (mar)