Lenovo A3000 Jajal Pasar Tablet

MALANG – Lenovo sepertinya tidak ingin kalah bersaing dengan vendor lain yang menciptakan produk tablet PC dengan prosesor quad core. Terbukti, melalui seri ideatab A3000, pabrikan asal Cina ini mengenalkan tablet berprosesor quad core pertamanya. Sekalipun masih cukup baru, namun pihak Lenovo yakin jika tablet dengan luas layar 7 inci ini laku di pasaran. Salah satu faktor keyakinannya tersebut adalah harga tablet yang sangat terjangkau. Sigit Apriyasa karyawan Mitra Solosindo Plasa Dieng menyebutkan Lenovo ideatab A3000 tersebut dibanderol dengan harga Rp 2,3 jutaan.
Secara produk, Sigit mengatakan ideatab A3000, merupakan tablet yang mengusung jenis IPS LCD seluas 7 inci. Layar tablet didukung dengan 16 juta warna dengan resolusi 600 x 1024 piksel serta kerapatan piksel 170 ppi. Teknologi capacitive touch screen juga ditanamkan Lenovo pada produk ini. Secara tampilan,  layar ideatab A3000 ini tidak hanya jernih dan tajam, tapi juga sangat responsif multi touch point,” kata pria berambut pendek ini.  Sedangkan chipset jenis MTK 8389/8125 yang tertanam memiliki kecepatan 1.2 GHz Cortex-A7. Kinerja prosesor kian handal dengan adanya dukungan RAM berukuran 1GB. Prosesor yang tertanam itu bisa bekerja dengan sangat cepat.
Bahkan saat digunakan pengguna untuk melakukan browsing internet, atau melakukan berbagai tugas berat, sama sekali tidak akan ada kendala. Sementara memori internalnya, Lenovo memberikan dua pilihan, yaitu 16 GB dan 32 GB. Namun begitu, pengguna bisa menambahkan dengan Micro SD  hingga 32 GB lagi.  “Tablet ini bekerja dengan operating system Android 4.1 Jelly Bean,” kata Sigit. Pada sisi kameranya, ideatab ini mendukung dual kamera kamera utama beresolusi 5 megapiksel, dengan fitur auto fokus, serta kamera depan support VGA untuk video call.
Kamera utama dapat menghasilkan gambar atau video sangat baik dalam segi kualitas warna maupun tekstur kejelasannya. Sementara secara tampilan, Lenovo ideatab A3000 ini cukup bagus dan menarik, terutama dari segi warna hitam yang cukup terang, bahan plastik pilihan maupun desain bodynya. Tablet Lenovo ini berdimensi 194 x 120 x 11 mm dan berat 339 gram yang membuatnya menjadi mencukupi standar berat untuk ukuran tablet PC.  Sementara untuk koneksifitasnya, tablet ini mendukung jaringan data 3G HSPA, EDGE, GPRS, WLAN maupun jaringan Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Wi-Fi hotspot. Konektivitas juga bisa dilakukan melalui Bluetooth v4.0, port USB dan slot microUSB v2.0. (vik/mar)