Layar Tampil Maksimal

MALANG – Meski hadir dengan kamera 8 megapikzel, Sony Xperia Z Ultra ternyata lebih diminati ketimbang kakaknya, Sony Xperia Z yang memiliki kamera berresolusi 13 megapiksel.
Sony Xperia Z Ultra memang memiliki banyak faktor yang membuatnya lebih laris. Salah satunya adalah tampilan layar. Sony membekali Xperia Z Ultra dengan layar seluas 6,4 inci
Menurut Promotor Sony, Erlinda Tri Yulianti, selain memiliki ukuran jumbo, layar yag ditanamkan pada ponsel pintar ini telah dibekali dengan teknologi Triluminos. Teknologi ini diaplikasikan Sony pada layar televisi High Definition (HD) Bravia. Layar Xperia Z Ultra memiliki resolusi 1080x1920 dengan kerapatan piksel 344 ppi, dengan kualitas Full HD.
“Teknologi triluminos  mampu mempertajam warna, termasuk piksel warna semakin padat,” terang Linda, sapaan akrabnya.
Selain Triluminos, teknologi X-Reality Engine juga dibenamkan pada Sony Xperia Z Ultra. Teknologi ini memungkinkan layar untuk memaksimalkan kontras, saturasi, dan mengurangi keramaian.
“X-Reality Engine merupakan teknologi gambar terbaru dari Sony yang langsung disematkan pada Xperia  Ultra,” imbuhnya.
Tak berhenti sampai di situ, teknologi pada layar Xperia Z Ultra memungkinkan menangkap respon benda tumpul non kapasitif. Sehingga layar ponsel bisa untuk menulis atau menggambar dengan pensil atau ballpoint biasa yang memiliki diameter di atas 1 mm.
“Tidak perlu menggunakan stylus pen untuk menggambar atau menulis seperti pada produk lain. Menggunakan pensil atau ballpoint juga bisa,” tegas perempuan asli Malang ini.
Layar ponsel seharga Rp 7,5 juta ini juga dilapisi dengan shatter proof and scratch-resistant glass yang akan memberikan perlindungan pada layar dari goresan yang tidak diinginkan.
Selain layar, ponsel ini juga tampil memikat dengan body yang sangat tipis. Bahkan, Sony mengklaim, Xperia Z Ultra merupakan ponsel Full HD tertipis di dunia karena ketebalannya hanya 6,5 mm.  
Ponsel ini telah mengantongi sertifikat IP58, lebih tinggi dari pendahulunya yang mengantongi sertifikat IP57. Sertifikat tersebut menjamin Xperia Z Ultra mampu untuk tetap hidup di air. Ponsel ini mampu menyelam selama 30 menit dengan kedalaman maksimal 1 meter sehingga cocok untuk dipakai berfoto underwater. Untuk keperluan penyimpanan data, pabrikan membekali slot jenis micro SD yang mampu diisi dengan chip memori sebesar 64 GB.
“Dari spesifikasinya, Xperia Z Ultra lebih tinggi dari sebelumnya. Kendati kamera hanya 8 mp dan tanpa lampu flash, namun Sony sudah menanamkan teknologi Exmor RS yang mampu merekan gambar dengan maksimal kendati di kondisi pencahayaan rendah,” pungkas dia. (vik/fia)