Depan Smartphone, Belakang Kamera Saku

Warga Kota Malang tidak perlu menunggu lama untuk kedatangan   Samsung Galaxy S4 Zoom. Sejak beberapa hari lalu, ponsel yang mengandalkan sisi kamera ini mulai terpampang di etalase gerai penjualan ponsel.
Secara desain, ponsel ini jelas tidak sama dengan pendahulunya, yaitu Samsung Galaxy S4. Ponsel ini terlihat lebih gemuk, dan lebih berat. Bentuk ponsel juga lebih tepat mirip dengan bentuk kamera poket. Apalagi dibagian atasnya juga terlihat tombol shutter.
“Lensa kamera juga bisa bergerak keluar, saat posisi fitur kamera dihidupkan, ya mirip dengan kamera pocket,’’ kata Marketing Karna Jaya Cell, Fitri Hidayah kepada Malang Post kemarin.
Fitri menyebutkan jika Samsung Galaxy S4 Zoom ini memiliki dimensi125.5 x 63 x 15.4 mm. Ponsel ini tampil sangat tebal, dan beratnya mencapai 208 gram. “Samsung Galaxy S4 lebih tipis setengahnya, yaitu 7.9 mm. Termasuk beratnya hanya 130 gram,’’ kata Fitri, sembari mengatakan ketebalan ponsel Samsung Galaxy S4 Zoom ini karena pengaruh kamera.
Kendati lebih besar, tapi untuk kameranya, tidak perlu ditanyakan. Pada ponsel yang mendukung jaringan 4G LTE ini, Samsung menyematkan kamera berresolusi 16 megapiksel. Resolusi tersebut merupakan resolusi tertinggi untuk kamera pada smartphone. Bukan itu saja, pada kamera utama tersebut, Samsung juga mengusung auto focus dan Xenon Flash. Xenon Flash sendiri merupakan teknologi baru yang diusung Samsung.
“Kamera Samsung Galaxy S4 Zoom ini mampu melakukan 10 kali optical zoom. Dan menu pada kamera ini masing-masing Geotagging, Touch Focus, Face and Smile detection, Optical Image Stabilization, HDR dan Panorama. Semua menu itu sama seperti menu pada kamera DSLR,’’ tambah Fitri.
Kamera utama ponsel ini juga mampu melakukan perekaman video, dengan kualitas HD. Sementara untuk kamera depan, ponsel ini mendukung lensa beresolusi 2 megapiksel. Layar ponsel ini menggunakan super AMOLED, yang didukung dengan teknologi capacitive touchscreen dengan 16 juta warna.
“Layarnya ponsel ini hanya 4.3 inci, lebih kecil dibanding Samsung Galaxy S4 Zoom biasa yang mengusung layar 5 inci. Namun begitu, untuk proteksinya, Samsung tetap mempercayakan pada perlindungan corning gorilla glass 3,’’ kata wanita berambut panjang ini sembari mengatakan resolusi layar 540 x 960 piksel, dengan tingkat kepadatan 256 ppi..
Sedangkan untuk mesinnya, Samsung menanamkan prosesor dual core dengan kecepatan 1.5 GHz, yang didukung dengan RAM berkapasitas 1.5 GB. Sedangkan untuk grafisnya, ponsel ini didukung dengan GPU Mali-400.  Sementara untuk memory internalnya, Samsung menanamkan memory 8 GB.
“Ponsel ini suppor dengan A-GPS dan GLONASS. Dan kelebihan lain pada ponsel ini, pengguna mendapatkan penyimpanan drop box sebesar 50 GB,’’ tandas Fitri sembari menyebutkan ponsel canggih ini dijual dengan harga Rp 5,35 juta.(vik/fia)