Verifikasi Koneksi Tak Lolos, BC Hoax Bertebaran di BB

MALANG – Broadcast (BC) mengatasnamakan RIM BlackBerry (BB) sebagai pengirim kembali marak beberapa hari terakhir. Itu seiring dengan adanya kalimat The Security Of This Connection Cannot be Verified, yang tiba-tiba muncul pada layar BlackBerry. Dalam BC tersebut  pengirim memerintahkan penerima BC untuk mengirimkan BC yang diterimanya ke seluruh kontak BlackBerry penerima, selanjutnya mereset BlackBerrynya.
Dan pada kalimat terusannya, jika penerima BC tidak melakukan atau tidak mengirim ke semua kontak sekaligus tidak mereset selama 3 hari, kemungkinan besar PIN BlackBerrynya akan terblokir selamanya.  Pada akhir kalimat, juga tertulis pesan tersebut asli dari pihak RIM.
Bukan hanya itu, ada juga BC yang menuliskan bahwa server BlackBerry penuh, dan meminta para pengguna BlackBerry untuk melakukan BC ke semua kontaknya, dan kemudian mereset. Jika tidak akan ada pemblokiran PIN. BC kedua ini juga menyertakan  nomor barcode, yaitu #PasicifRim 07092013#sbc.
Dua BC tersebut cukup meresahkan. Sehingga banyak diantara para pengguna BlackBerry langsung meneruskan BC tersebut ke semua kontak BlackBerrynya. Seperti yang dilakukan Lucky, tidak ingin PIN BlackBerrynya terblokir, dia langsung meneruskan BC tersebut ke seluruh kontak BlackBerrynya.
Hal yang sama juga dilakukan oleh Andika, saat menerima dua BC tersebut, dia tidak bisa berpikir dengan tenang. Khawatir PIN nya terblokir, tanpa pikir panjang Andy langsung mengirimkan BC tersebut kepada semua kontak BlackBerrynya.
Sementara itu Sales Spesial BlackBerry, Mega Mustika mengatakan dua BC tersebut hoax. RIM BlackBerry tidak pernah mengirimkan BC tersebut, terlebih menggunakan ancaman dengan pemblokiran PIN.
“Itu tidak benar, tidak pernah ada RIM BlackBerry mengirimkan pesan tersebut. Itu hanya ulah iseng orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat keresahan kepada pengguna BlackBerry,’’ kata Mega.
Lantaran itu juga Mega pun menyarankan agar pengguna BlackBerry tidak percaya, dan tidak melakukan kegiatan yang diperintahkan sesuai dengan pesan pada BC tersebut. “Jika ada pengumuman resmi, RIM langsung memberitahukan melalui situs yaitu www. blackberry.com. Dan bisa diakses oleh semuanya,’’ kata Mega kemarin (8/9).
Terkait adanya kalimat The Security Of This Connection Cannot be Verified, yang tiba-tiba muncul pada layar BlackBerry, gadis asal Palembang ini mengatakan itu hanya pemberitahuan saja. Dan pengguna BlackBerry bisa langsung mengclose atau menekan kata continue, maka layar akan kembali normal. “Sekali lagi, jika ada BC mengatas namakan RIM itu hoax, dan saat ini kondisi jaringan kami juga sangat baik, dan tidak ada gangguan,’’ tandasnya.(vik/fia)