Tablet Murah Tak Murahan

Sebagai pabrikan lokal Venera terus unjuk gigi dengan berbagai produk ponsel serta tabletnya. Salah satu produk terbaru ciptaannya adalah Venera Cloud Tab 907. Kendati tablet ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, namun perangkat ini sama sekali tidak terkesan murahan. Sebaliknya tablet ini terlihat sangat elegan. Salah satu faktornya adalah layar. Menurut Marketing Radja Tablet, Plaza Dieng,  Kukuh Santoso, Venera Cloud Tab 907 menggunakan layar TFT jenis WVGA, dengan resolusi 1024 x 600 piksel. Tak pelak dengan resolusi tersebut, tampilan layar seluas 7 inci inipun terlihat sangat tajam dan jernih.
“Tablet ini unggul pada layar. Teknologi pada layar tablet ini tidak berbeda dengan layar yang dipasang pada tablet keluaran vendor global,’’ kata Kukuh kemarin.
Bukan itu saja, kesan elegan juga terlihat lantaran tablet ini mendukung jaringan 3G, untuk koneksi internetnya. Jaringan 3G sendiri sebetulnya sudah cukup marak diusung baik oleh vendor lokal maupun global. Tapi begitu produk yang sudah mengusung jaringan 3G rata-rata dibanderol dengan harga lumayan mahal.
“Untuk koneksi internetnya jelas, tablet ini sangat cepat karena didukung dengan jaringan 3G. Dan jika tidak ada jaringan 3G pengguna tetap bisa melakukan kegiatan internet dengan jaringan 2G (EDGE),’’ kata Kukuh, yang mengatakan selain 3G dan 2G, tablet ini juga mendukung koneksi GPRS dan WAP.
Sambungan WiFi pada tablet ini juga bisa dimanfaatkan pengguna untuk menjelajah internet. Tentunya, pengguna bisa menghemat biaya, saat menggunakan sambungan ini. Dan Bluetooth yang ada bisa dimanfaatkan pengguna untuk transfer data.
Sementara secara tampilan, tablet yang dijual dengan harga Rp 1.2 juta ini memang tidak berbeda dengan lainnya. Tablet ini mengusung layar seluas 7 inci. Tablet ini tidak banyak memiliki tombol pada bodinya.
“Ada tombol on/off diatas, disebelahnya ada lubang port untuk SIM Card dan sebelahnya lagi untuk port memory eksternal,’’ tambah Kukuh, yang mengatakan dengan adanya port SIM Card tersebut, sudah tentu tablet ini mendukung fungsi telepon serta SMS.
Kukuh juga mengatakan, tablet ini didukung dengan tenaga penggerak yang cukup handal. Prosesor dual core berkecepatan 1.2 GHz bisa bekerja maksimal dengan adanya dukungan memory RAM sebesar 512 MB. Sedangkan untuk operating sistemnya, tablet ini mendukung platform android 4.1 Jelly Bean. Sementara untuk memory internalnya tablet ini memiliki kapasitas 4 GB.
Namun begitu, kamera tablet ini  ternyata memiliki kamera dengan kualitas rendah. Itu terbukti, untuk kamera utama resolusinya hanya 2 megapiksel, sedangkan kamera depan hanya 1.3 megapiksel. “Untuk fitur lainnya, tablet ini mendukung TV Analog dan GPS,’’ tandas Kukuh.(vik/fia)