Serba-serbi Tekno

MALANG POST  -  iPhone generasi ke-7 atau yang santer disebut sebagai iPhone 5S akan diperkenalkan ke publik. Lantas fitur apa saja yang Apple siapkan untuk gadget terbarunya ini?
Berdasarkan desas-desus yang berkembang sebelumnya, setidaknya ada tujuh fitur baru yang akan diboyong iPhone generasi ke-7 ini. Berikut, fitur- fitur yang kemungkinan ada di iPhone 5S disadur dari Phone Arena, Selasa (10/9/2013) kemarin.

1. Pemindai sidik jari di tombol home
iPhone 5S disebut-sebut akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada sektor keamanan. Karenanya, perusahaan asal Cupertino, California ini akan membenamkan pemindai sidik jari pada tombol 'home' yang dilapisi batu safir.

2. Diotaki chip A7 dengan RAM 1GB
Apple diharapkan meningkatkan spesifikasi pada iPhone barunya, khususnya untuk dapur pacu. Suksesor iPhone 5 ini hadir dengan chip A7, pembaruan dari chip A6.  Chip A7 merupakan prosesor dual-core dengan fabrikasi 32nm yang dikerjakan Samsung. Komponen ini dibuat menggunakan teknologi Higk-K Metal Gate.
Menurut kabar, prosesor menyuguhkan laju clock 1.5GHz, kemudian diperkuat kartu grafis quad-core PowerVR SGX 544MP4, dan RAM 1GB.  Apple menggunakan tipe RAM LPDDR3-1333, ini akan meningkatkan kecepatan bandwith memori 8.5GB/s dari RAM iPhone 5 berjenis LPDDR2-1066 menjadi 10.7GB/s.

3. Kamera 12 megapiksel dengan dual flash LED
Apple memahami betul kebutuhan pengguna smartphone yang kerap menggunakan fitur kamera untukjeprat-jepret momen. Oleh sebab itu, perusahaan akan melengkapi iPhone 5S  dengan kamera bersensor 12 megapiksel atau 8 megapiksel yang ditunjang dual flash LED serta bukaan f/2.0, yang diklaim mampu meringkus objek gambar saat kondisi pencahayaan yang minim.
Kamera pada iPhone 5S juga dilengkapi modus HDR dan fitur video 120 frame per detik yang mampu menghasilkan gambar slow motion.  iPhone 5S juga akan memiliki kamera sekunder 2 megapiksel.
4. iPhone 5S warna emas
Sejauh ini, Apple belum menyediakan pilihan warna yang cukup variatif untuk lini iPhone. Kabarnya, lewat iPhone 5S, perusahaan akan menyediakan warna emas yang menemani warna hitam dan silver.

5. Kapasitas penyimpanan 128GB
Saat ini iPhone baru tersedia dalam pilihan kapasitas 8, 16, 32, dan 64GB. Nah, oleh sebab itu Apple akan menyediakan pilihan kapasitas baru yang lebih luas,128GB.

6. NFC
Tidak adanya Near Field Communication (NFC) pada iPhone menjadi celah bagi kompetitor seperti Samsung untuk mengejek smartphone karya Apple ini. Seakan menjawab ejekan tersebut, Apple akan menghadirkan fitur itu pada iPhone 5S.

7. Ukuran dan harga
Ukuran iPhone 5S diharapkan sama dengan iPhone 5.  Kemudian untuk harga iPhone 5S paling murah dibanderol USD650 tanpa kontrak, atau dengan kontrak dua tahun seharga USD199.

Akhir kata, benar atau tidaknya tujuh fitur pada iPhone generasi ke-7 ini masih sekadar kabar burung. Semua akan dijawab oleh perusahaan pada 10 September, mendatang. Di samping pengumuman iPhone 5S, Apple diharapkan juga merilis smartphone murah iPhone 5C. (oke/nda)