Jadi Idola Baru, Tinggalkan Pendahulunya

MALANG –  Dari seri Galaxy Tab 3 yang baru saja dirilis Samsung, versi 8 inci paling banyak diminati konsumen. Itu karena selain memiliki ukuran layar lebih luas, dengan  desain yang lebih slim. Sehingga secara tampilan versi ini lebih menarik dibandingkan versi 7 inci ataupun 10.1 inci. Terlebih, tablet ini juga mengusung jaringan HSDPA yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon ataupun SMS.  
Marketing Oke Shop, Desy Anita menjelaskan selain lebih lebar, layar pada tablet ini juga berbeda dengan layar yang terpasang pada versi 7 inci. Pada tablet 8 inci ini, Samsung menanamkan layar jenis TFT WXGA berkualitas HD dengan resolusi 1280 x 800 piksel. Layar tersebut menghasilkan kepadatan layar hingga 189 ppi. Dengan resolusi yang lebih besar, tablet ini terlihat lebih jernih dan tajam.
Desy juga menjelaskan, kinerja tablet ini juga lebih handal. Itu karena Samsung menanamkan chipset XMM6262, Exynos 4212 dual core dengan kecepatan 1.5 GHz. “Yang 7 inci mendukung chipset Marvell PXA986 dual core dengan kecepatan 1.2 GHz, artinya chipset yang terpasang pada tab 8 inci ini lebih bagus, dan lebih cepat,” tambah Desy yang mengatakan prosesor tersebut bisa berjalan sempurna dengan dukungan RAM berkapasitas 1.5 GB dan memori internal 16 GB.  
Tidak berbeda dengan dua versi lainnya, tablet ini bekerja dengan operating sistem Android terbaru yaitu Jelly Bean. Sementara untuk kameranya, tablet ini mengusung kamera dengan lensa 5 megapiksel, lengkap dengan fitur Auto Focus. Kamera yang terpasang ini lebih tinggi dibanding dengan dua versi lainnya,  seperti 7 inci dan 10.1 inci yang mengusung kamera 3 megapiksel saja. Sedangkan untuk kamera depan tablet ini mengusung kamera 1.3 megapiksel.
Tablet ini kian menarik karena mendukung fitur WatchOn dan Multi window, yang merupakan fitur terbaru Samsung.  Menurut  Desy fitur dengan fitur ini pengguna bisa menyambungkan tablet dengan perangkat hiburan di rumah atau dijadikan sebagai pemandu TV. Fitur ini akan memberikan saran berbagai program berdasarkan jadwal acara dan mencari channel. Fitur ini juga bisa digunakan sebagai remote TV.
Sedangkan fitur multi windows, dikatakan Desy berfungsi untuk menaikkan standar kinerja multitasking ke level yang lebih tinggi dengan memberikan pengalaman multitasking yang sebenarnya seperti membuka beberapa jendela dalam satu layar.
“Pengguna bisa mengecek email, membuat catatan, mencari arah jalan ataupun lainnya sambil melakukan panggilan, tanpa perlu pindah aplikasi. Lakukan reposisi, pindah ke mode full screen ataupun tutup window dengan mudah untuk pengalaman yang lebih menyenangkan,” kata Desy.
Untuk bentuknya, tablet ini lebih slim. Dimensi tablet ini 209.8 x 123.8 x 7.4 mm, dan beratnya hanya 314 gram. (vik/nda)