App Backup & Restore Antisipasi Data Hilang

MALANG – Pengguna smartphone atau tablet berbasis Android,  kerap kali memfungsikan perangkatnya tidak sebatas alat komunikasi. Smartphone yang dibekali fitur serta teknologi lengkap ini juga biasanya digunakan sebagai alat untuk menjelajah internet, sekaligus alat penyimpanan berbagai data. Baik data untuk kepentingan pekerjaan ataupun data lainnya. Namun begitu, tidak semua perangkat teknologi yang digunakan kuat dalam hal penyimpanan data.  Tidak jarang, memory ponsel atau tablet jebol, lantaran kapasitas penyimpanan over. Akibatnya semua data pada perangkat pun hilang dan tidak dapat diselamatkan.  
Namun begitu, peristiwa tersebut tidak perlu terjadi, seiring dengan adanya aplikasi App Backup & Restore. Itu karena menggunakan aplikasi ini, data yang hilang bisa dikembalikan. Hal ini dikatakan oleh Liana. Wanita yang bekerja sebagai marketing di Hijau Cell, Malang Plasa ini mengatakan aplikasi App Backup & Restore ini berfungsi untuk membackup aplikasi yang sudah terinstal pada Android ke memory atau micro SD Card.  
“Contohnya, tiba-tiba karena ada masalah secara tiba-tiba data pada ponsel atau tablet hilang. Tidak perlu kawatir, kita langsung masuk dulu ke aplikasi ini, kemudian mencari data atau aplikasi yang hilang di memory atau SD Card tempat aplikasi itu terbackup, dan kemudian kita ambil lagi (restore ulang). Seketika itu data yang hilang akan kembali,” kata Liana, sembari mengatakan aplikasi ini akan bekerja secara cepat,  instan dan tanpa ribet.
Untuk mendapatkan aplikasi yang hilang tersebut kembali, pengguna bisa melakukan secara manual ataupun otomatis. Namun begitu, untuk me-restore secara otomatis, pengguna Android harus lebih dulu melakukan pengesetan pada perangkatnya. Pengesetan itu dapat dipilih melalui menu setting aplikasi ini. Aplikasi ini sendiri sebetulnya sudah ada sejak 2012 lalu. Namun begitu tidak banyak pengguna Android mengetahuinya. “Sebetulnya ini merupakan aplikasi Android yang tersedia secara gratis. Pengguna Android bisa mengunduhnya melalui Google Play Store, kemudian menginstall aplikasi tersebut pada perangkatnya,” tambah wanita ini.
Pengguna juga tidak perlu khawatir dengan kapasitas memori, karena file untuk aplikasi ini sangat kecil yaitu hanya 200 kb.  Bukan itu saja, selain aplikasi App Backup & Restore, pengguna Android juga bisa melakukan backup data melalui Aplikasi App Installer. Namun begitu, Liana mengatakan dirinya lebih suka dengan App Backup & Restore. Itu karena secara tampilan lebih bagus, rapi dan nyaman dilihat. Dan menurutnya, aplikasi ini juga menginformasikan golongan-golongan aplikasi yang dapat di backup atau tidak. “Ada aplikasi yang tidak bisa terbackup karena perangkat tidak memiliki Copy Protection alias perlindungan terhadap rencana jahat pengkopian dan pembajakan, sehingga aplikasi pun tidak bisa mengkopi,” tandasnya. (vik/mar)