Ponsel dan Kamera Jadi Satu

Kamera 16 megapiksel dengan kemampuan optical zoom hingga 10 kali, menjadi andalan Samsung Galaxy S4 Zoom, terutama dalam urusan menjepret foto.  Hasil dari kamera Galaxy S4 Zoom ini tidak bisa diremehkan. Hampir seluruh gambar hasil jepretan terlihat sangat berkualitas. Mulai dari pencahayaan, kecerahan, warna hingga detail gambar terlihat sangat sempurna.  Kesempurnaan gambar tersebut memang tidak hanya karena kamera 16 megapiksel yang tertanam pada ponsel, tapi, juga adanya dukungan perangkat lainnya. Customer Service Erafone Mall Olympic Garden (MOG), Imam Suhadi mengatakan, selain lensa beresolusi 16 megapiksel, lensa juga menggunakan sensor BSI CMOS berukuran ½ 33 inci.
Lensa Samsung 24-240 mm, dengan aperture f/3.1-6.3, juga ikut ditanamkan pada kamera Galaxy S4 Zoom.  “Secara teori diafragma atau bukaan yang lebar ini mampu menangkap objek dengan baik, meskipun dalam kondisi kurang cahaya,” terangnya.  Seperti mengambil gambar saat malam hari, sama sekali tidak akan ada masalah, karena hasilnya tetap terlihat terang.  Namun begitu, jika memang betul-betul gelap, Samsung sudah menyiapkan  flash. “Tapi jangan salah, lampu flash yang ditanam pada kamera ini bukanlah lampu LED seperti pada lampu flash pada umumnya, melainkan Samsung menanamkan flash Xenon,  yang biasa ditanamkan pada kamera saku, yang mampu  mengeluarkan cahaya lebih kuat,” papar Imam.
Bukan itu saja, Samsung juga menanamkan fitur image stabilizer pada ponsel ini. Tujuannya, hasil jepretan tetap terlihat focus dan tidak goyang. Pengaturan cahaya pada kamera ponsel seharga Rp 4,5 juta  ini juga dipengaruhi ISO. Menurut dia, ponsel ini memiliki rentang ISO 100- 3200, dengan kecepatan pengambilan gambar mulai 1 detik hingga 1/2000 detik.   “Ada lima mode untuk pengambilan gambar, yaitu beauty face, klandscape, macro, animated photo dan pengambilan foto malam hari,” terangnya.  Dengan fitur serta teknologi yang cukup lengkap tersebut, Imam sangat sanksi apakah Samsung Galaxy S4 Zoom ini merupakan smartphone atau kamera saku.
Apalagi, kamera ini juga mendukung fungsi continuous shot secara otomatis. Menurut Imam fungsi continuous shot tersebut mampu menjepret gambar sebanyak 20 foto (dibatasi) dalam waktu sekitar 6 detik. Foto hasil jepretan disimpan dalam resolusi maksimal 4.608 x 3.456 dengan ukuran file sekitar 2,7 MB/foto. Dikatakan juga oleh Imam jika kamera pada ponsel ini mendukung perintah suara. Kamera akan terbuka dan bisa digunakan saat mengguna mengucapkan "Cheese", "Smile", "Capture", atau "Shoot".  “Satu perintah saja, seperti cheese, lensa akan langsung terbuka, dan fungsi kamera langsung aktif, dan bisa langsung digunakan,” pungkasnya. (vik/mar)