I Love Coffee Diminati

MALANG – Line tidak hanya hadir sebagai aplikasi untuk pengirim pesan instan. Seiring perkembangan zaman, aplikasi yang berasal dari Jepang ini juga menyediakan berbagai game-game menarik, yang tentu saja bisa dimainkan oleh para penggunanya. Salah satu game menarik itu adalah I Love Coffee. Game ini hadir paling terakhir diantara beberapa game-game yang ada pada aplikasi tersebut. Namun begitu, game yang didalamnya berisi tentang simulasi mengelola kedai kopi ini cukup banyak diminati.   Game dengan genre kasual tersebut tidak sekedar main, tapi game ini memiliki banyak tantangan, lantaran bisa dimainkan dengan banyak orang. 
“Ini merupakan game online yang tersedia di dalam aplikasi Line. Ada dua cara untuk memainkan game ini. Yaitu single player atau multiplayer, paling seru memang dimainkan multiplayer, banyak tantangannya,” kata Mohammad Nyaris, yang mengaku sangat suka dengan permainkan game I Love Coffee ini  kemarin. Menurut pria yang juga bekerja sebagai Customer Service Global AAR, game I Love Coffee ini selain sangat kreatif, dia juga memiliki banyak teman. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga dari luar negeri. “Saat bermain game, kita bisa bercakap-cakap dengan teman satu permainan. Selain itu setiap pemain juga bisa saling sharing, terkait memajukan usahanya,” tambahnya.
Selain sharing, masing-masing pemain juga bisa saling mengunjungi kedai milik pemain lainnya. Dan saat melakukan kunjungan tersebut, masing-masing pemain bisa melakukan tiga kegiatan yaitu roasting, conversation dan gold. Gold sendiri dikatakan dia bisa didapatkan dalam setiap penjualan.  Sementara untuk memainkan game ini, cukuplah mudah. Pertama game lebih dulu di download dari masing-masing penyedia layanan. Contohnya Android, bisa mengunduh game tersebut melalui Google Play Store, untuk iOS bisa mengunduh game ini melalui App Store. Setelah itu pengguna harus menginstalnya, agar game dapat dimainkan.
“Setelah proses penginstalan selesai pengguna bisa langsung memainkan game tersebut,’’ ungkap Nyaris, sembari mengatakan ada beberapa menu atau fitur yang tampil pada halaman awal Line I Love Coffee. Salah satunya ada fitur adalah send clover. Fitur ini akan memberikan 5 clover untuk permainkan pertama. Clover itu bisa diberikan kepada permainkan. Dan clover sendiri akan muncul lagi satu per satu setiap 1,5 jam sekali.  Selain itu halaman pertama juga terlihat menu scroll. Menu scroll ini berfungsi  untuk melihat pengumuman terbaru. Ada juga menu Line, yang bisa dimanfaatkan untuk mengundang masing-masing teman. “Setelah semuanya di setting, pemain hanya perlu menekan tombol start untuk memulai permainan,’’ tegasnya.
Pada game ini, pengguna tidak hanya dilatih untuk membuat kopi, tapi juga untuk mengatur seluruh barang yang ada di café, dan membuat cemilan. Pemain juga bisa menambahkan decoration point.  “Semakin banyak decoration point, semakin banyak juga kesempatan untuk memperluas café, dengan cara expanding. Tapi begitu untuk Expanding, pemain tidak bisa sendiri, tapi memerlukan jasa atau bantuan dari teman,’’ tambah Nyaris lagi. Seperti pada game casual lainnya, pemain juga bisa melakukan pembelian berbagai perangkat yang diperlukan dalam kedai kopi. (vik/mar)