Sony Tanamkan NFC di Xperia M

Sambungan NFC belakangan ini marak diusung vendor ke dalam perangkat smartphone besutannya.  Tidak terkecuali Sony. Perusahaan asal Jepang ini telah melengkapi hampir seluruh produknya dengan sambungan tersebut. Salah satu produk yang mengusung sambungan NFC ini adalah Sony Xperia M. Tak pelak, ponsel dengan desain sangat tipis inipun dipastikan akan banyak diminati.
“NFC merupakan media untuk mentranfer data tanpa kabel. Kinerjanya sama dengan Bluetooth, tapi lebih cepat, dan sekarang orang akan banyak menggunakan NFC dibandingkan Bluetooth,’’ kata Customer Service Erafone Lia Marlita kepada Malang Post kemarin.
Hadirnya sambungan NFC pada Sony Xperia M ini sempat membuat dirinya heran. Pasalnya, selama ini NFC banyak ditanamkan pada ponsel yang dijual dengan harga mahal. “Ini merupakan kemajuan, Sony sudah menanamkan teknologi NFC pada ponsel yang harganya relatif  terjangkangkau,’’ kata Lia sembari mengatakan perangkat tersebut dibanderol dengan harga Rp 2,5 jutaan.
Sementara untuk fitur dan spesifikasinya, Lia mengatakan desain perangkat ini tidak jauh berbeda dengan produk Sony lainnya yang dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan. Seperti Xperia J, E, L, dan kini Xperia M memiliki desain yang mirip dengan kehadiran pinggang dan bagian atas dan bawah yang lebih tebal dengan unsur desain OmniBalance.
Xperia M memiliki dimensi bodi 124 x 62 x 9.3 mm. Desain tersebut cukup seimbang, apalagi ponsel ini hanya memiliki berat 115 gram. Material plastik yang membungkus badan ponsel pun kian membuat nyaman perangkat ini untuk digenggam.
Sekalipun memiliki body cukup kecil, tapi Sony tetap tidak mau kalah soal layar. Terbukti, Sony menanamkan layar sentuh kapasitif, 4 inci FWVGA beresolusi 480 x 854 piksel. Layar ponsel ini mendukung 256 ribu warna, dengan kepadatan hingga 245 ppi.
Seperti ponsel besutan Sony pada umumnya, Sony Xperia M ini juga mengusung jaringan Quadband GSM dengan frekwensi 850/900/1800/1900. Sedangkan dualband mendukung HSDPA 900/2100.
Sementara untuk dapur pacunya, ponsel ini didukung dengan prosesor Krait Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8227 dual-core dengan kecepatan 1.0 GHz mampu menunjang kinerja ponsel dengan lancar, dengan dukungan RAM 1 GB.
“Untuk grafisnya, ponsel ini didukung dengan GPU Adreno 305, lumayan hampir semua gambar pada layar tampak detail,’’ kata Lia, sembari mengatakan ponsel ini berjalan dengan platform android 4.1  Jelly Bean.
Sedangkan kameranya, Sony menanamkan dua kamera. Kamera belakang Sony menanamkan lensa 5 megapiksel. Kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 2592 x 1944 piksel. Autofokus dan LED flash juga ditanam Sony untuk mendukung kamera agar bisa menghasilkan foto dengan kualitas sempurna. Terlebih, Sony juga menanamkan sensor Exmor RS dan fitur-fitur yang diberikan cukup lengkap dan menyamai fitur yang ada di ponsel high-end Sony.  
Vendor ini juga tetap mempertahankan kehadiran tombol kamera dimana dalam kondisi tertentu sangat membantu untuk mengambil gambar agar tidak goyang dan blur. Akses cepat dari layar keadaan mati juga dihadirkan, sehingga Anda hanya membutuhkan untuk menahan tombol kamera dan ponsel otomatis akan masuk ke mode kamera.
Selain mengambil gambar foto, kamera belakang ponsel juga bisa digunakan untuk merekam gambar video. Tidak main-main, untuk perekaman perekaman video hingga resolusi HD 720p.  Sedangan untuk kamera depan, Sony masih mengusung lensa VGA.
“Meskipun VGA, masih bisa untuk melakukan video call, gambar yang tampil juga akan terlihat jelas. Untuk memory internal dapat di perluas, hingga 32 GB, dan baterai ponsel ini berkapasitas 1750 mAH,’’ tandas Lia.(vik/fia)