Enam Kamera Ponsel Jagoan Low Light

KAMERA di ponsel tak lagi sekadar pemanis, karena banyak vendor berlomba-lomba memberikan spesifikasi gahar untuk fitur menjepret gambar dan meringkus video ini. Akhirnya, kamera di ponsel cerdas pun menjadi selling point penting untuk memikat konsumen agar dilirik. Tak cuma soal resolusi besar yang ditawarkan, tetapi fitur di dalamnya juga. Semakin canggih karena kamera ponsel saat ini pun dibenamkan dengan kemampuan seperti mengambil gambar di ruangan yang minim cahaya alias low light. Nah, berikut ponsel-ponsel terbaru hingga yang masih gosip yang bakal bersaing ketat di sisi fitur kamera, khususnya jagoan low light.

1. Samsung Galaxy S4
Saat Samsung mengumumkan Galaxy S4 awal tahun ini, bukan cuma desain yang membuat penikmat gadget menolehnya. Melainkan resolusi kamera dan fitur ditawakan di dalamnya. Kamera di piranti ini mengusung resolusi yang tinggi di kelasanya, yakni sebesar 13 megapixel di bagian belakang dan 2 megapiksel bagian depan. Di sektor kamera ini pun, Samsung menyertakan banyak fitur, mulai Auto, Beauty Face, Best Photo, Best Face, Sound & Shot, Drama, Animated Photo, Rich Tone(HDR), Eraser, Panorama, Sports, dan Night. Selain kamera tinggi dengan sensor yang dibenamkannya, ponsel ini mampu membuat objek dapat terlihat jelas walaupun berada di ruangan tertutup dengan cahaya yang minim.


2. HTC One
Label '4 ultrapixel' yang ditawarkan oleh HTC One di kameranya memang masih awam. Namun soal kemampuan jangan ditanya. HTC tak ingin menjadikan kamera di perangkat genggam sekadar hiasan. Sehingga kamera di HTC One boleh dibilang bisa diandalkan di ruangan dengan keadaan cahaya bagaimanapun. Saat dijajal di berbagai lokasi baik indoor dan outdoor. terkesan dengan kemampuannya yang sangat baik saat meringkus di situasi yang minim cahaya. Jangan lupakan pula sederet fitur yang dapat membuat akse merekam momentum pengguna jadi lebih mengasyikkan.


3. Nokia Lumia 1020
Nokia memanjakan penggemar fotografi mobile dengan menghadirkan spesifikasi kuat di Nokia Lumia 1020. Dengan resolusi kamera sebesar 41 megapiksel, membuatnya menjadi salah satu ponsel dengan kamera tertinggi. Tak cuma dengan resolusi yang tinggi, Nokia Lumia 1020 juga mempunyai beberapa fitur nyaris dimiliki oleh kamera digital pada umumnya. Tidak cuma resolusi yang tinggi, pada kenyataannya kamera Lumia 1020 juga cocok diajak untuk berpetualang di keadaan yang tak terlalu banyak cahaya.  Secara keseluruhan, Lumia 1020 mempunyai kemampuan mengambil video dengan format 1080p dan dilengkapi dengan zoom 4x dan apabila dalam size 720p bahkan mencapai 6x.

4. Sony Xperia Z1
Di tengah persaingan smartphone kelas atas, Sony coba menggebrak dengan seri Xperia Z1 yang mengusung kemampuan kamera 20,7 megapiksel. Kehandalannya saat memotret di dalam ruangan bisa terlihat saat Sony menawarkan spesifikasinya seperti bukaan sensor 1/2.3 -- dimana merupakan 70 persen lebih besar dari kamera ponsel kebanyakan. Termasuk didukung dengan sensor gambar CMOS Exmor RS dan prosesor gambar BIONZ. Apalagi Sony juga melakukan uji coba kamera miliknya dengan sejumlah ponsel cerdas papan atas lainnya. Hasilnya? Bisa ditebak, Sony Xperia Z1 melibas semua piranti kompetitornya.


5. iPhone 5S
iPhone 5S masih mempertahankan resolusi kamera 8 megapiksel. Tapi bukan berarti itu adalah sebuah kemunduran yang dilakukan oleh Apple untuk smartphone high end miliknya. Apple meningkatkan aperture lensanya yakni menjadi f/2.2 dengan 5 elemen di dalamnya. iPhone 5 sendiri memiliki bukaan di angka f/2.4. Plus, sensor kamera di ponsel anyar tersebut juga dilaporkan memiliki ukuran yang 15 persen lebih besar dibanding sang pendahulu dengan 1,5 micron piksel. Ya, itulah yang dilakukan Apple, alih-alih sekadar meningkatkan jumlah megapiksel.


6. Oppo N1
Kendati saat ini masih sebatas gosip, tapi dilihat dari tanda-tanda yang dikeluarkan bisa jadi Oppo N1 adalah kuda hitam dari segela ponsel cerdas lainnya. Oppo N1 memang tak bisa dianggap remeh, resolusi kamera 13 megapixel miliknya bersanding dengan system N-Lens dengan OWL Chip Lens dan dikabarkan dengan Optical Image Stabilisation sytem dan menggunakan sensor Sony Exmor. Nah, khusus untuk Owl Chip yang diusung, sesuai namanya mampu dapat merekam ketajaman gambar walau dalam keadaan gelap. Seperti halnya Burung Hantu. (dk/mar)