Usir Bosan dengan Onet

MALANG – Para pecinta game, nama Onet mungkin tidak asing lagi. Game menyamakan gambar karakter-karakter di kartun Pokemon ini memang sudah cukup lama ada. Namun begitu, demam permainan game ini tidak pernah berhenti. Bahkan sekarang, game tersebut kembali booming, seiring permainan tersebut dapat dimainkan menggunakan smartphone maupun tablet. Hampir rata-rata pengguna smartphone melengkapi koleksi gamenya dengan game tersebut.
“Seru, dan bikin penasaran juga,’’ kata Niswatul Mardiyah.
Pengguna Samsung Galaxy S3 ini, mendapatkan game onet tersebut melalui Googgle Play Store, dan langsung mendownloadnya. “Tadinya saya iseng buka Googgle Play Store, untuk melihat-lihat game baru, ternyata ada game ini, langsung saya download,’’ katanya.
Sekalipun Niswa mengaku permainan game tersebut lebih seru dimainkan di desktop, tapi keberadaaanya game onet ini betul-betul membantu dirinya mengatasi rasa bosan. “Kalau pas di satu tempat, menunggu teman, main Onet ini menyenangkan, mengatasi rasa bosan,’’ katanya.
Di versi mobile, gambar-gambar di game onet ini lebih kecil-kecil. Sehingga pengguna pun harus lebih jeli untuk melihat masing-masing gambar. “Karena kecil-kecil gambarnya, jadi harus lebih teliti,’’ tambah Niswa yang mengaku kerap emosi, saat level terakhir dia tidak bisa melanjutkan permainan, lantaran nyawanya pada gamenya yang sudah habis atau karena kehabisan waktu.
“Saat kali pertama bermain, kita langsung mendapat nyawa 10. Selanjutnya kita menekan gambar yang sama, di sini dibutuhkan strategi, jangan sampai terjebak, karena nyawa kita berkurang satu saat tidak bisa menemukan lagi gambar yang sama. Dan setiap level permainan ada waktunya, sehingga kita betul-betul harus teliti. Dan setiap level memiliki tingkat kesulitan sendiri-sendiri,’’ ucapnya.
Sementara itu beberapa pemilik outlet penjualan ponsel juga mendapat keuntungan dengan populernya Onet ini. Itu karena, tidak sedikit dari mereka yang juga membuka jasa installer program ini mendapatkan order penginstal game onet dari konsumen.
“Dulu waktu game Angry Bird booming juga sama, banyak yang memasukkan game tersebut ke ponselnya, dan sekarang game Onet ini,’’ kata Andik Siswanto, Pemilik Rolland Cell Malang Plaza. Sebetulnya game ini bisa didownload sendiri, baik itu diperangkat berbasis android, maupun perangkat berbasis iOS atau Windowas Phone. Namun begitu, banyak pengguna yang memilih cara instan dengan datang ke conter-conter yang menyediakan jasa installer. (vik/fia)