Malang Menanti iPhone 5s dan 5c

MALANG – Meskipun orang Indonesia menjadi pembeli pertama iPhone 5s di dunia, namun produk tergress yang diluncurkan bersama iPhone 5c dari Apple tersebut justru belum diketahui secara pasti kapan akan rilis resmi di Indonesia.
“Sudah dirilis memang, tapi penyebarannya masih di negara-negara tertentu saja sedangkan di Indonesia belum tahu,’’ kata Head Marketing Global AAR Wisnu Triadi kepada Malang Post kemarin.
Memang sejak, dua ponsel tersebut dirilis, banyak konsumen yang datang dan menanyakan. Tapi begitu, pihaknya tidak bisa berbuat banyak, lantaran secara fisik produk tersebut belum ada di Indonesia.
Sebaliknya, pihak distributor justru menggelontor gerai berada di Mall Olympic Garden (MOG) ini dengan produk lama yaitu iPhone 5. Dia mengatakan, pihak distributor seketika akan menghnetikan pendistribusian produk lama jika ada produk baru.
“Minimal dua bulan sebelum produk baru didistribusikan, produk lama sudah tidak lagi didistribusikan. Tapi faktanya, sampai saat ini kami masih menerima pengiriman produk lama,’’ kata pria asal Sukun ini.
Sekalipun belum ada distribusi, bukan berarti kemudian Global AAR tidak mengerti spesifikasinya. Wisnu yang membaca perkembangan di situs pacemaker sendiri menjelaskan, jika kedua ponsel tersebut merupakan smartphone handal. Kehadirannya melengkapi ponsel pintar seri iPhone 5.
iPhone 5s hadir dengan prosesor Apple A7 (64 bit), motion coprocessor M7. Secara desain, Apple masih menampilkan bentuk yang elegan, karena ponsel ini  menggunakan bodi berbahan metal, dan dimensinya 123,8 x 58,6 x 7,6 mm. “Untuk bobotnya, hanya 112 gram,’’ kata Wisnu.
Iphone  5s hadir dengan layar 4 inci. Tentu layar ponsel yang tertanam bukan layar biasa, karena Apple memilih jenis IPS LCD dengan teknologi Retina Display. Layar pada ponsel ini menghasilkan resolusi 640 x 1136 pixel, dengan tingkat kerapatan 326 ppi.
Sementara untuk kameranya, ponsel ini dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel (belakang), lengkap dengan dua LED, F/2.2. Sedangkan untuk kamera depannya Apple menanam lensa 1,2 megapiksel. Selain bisa mengambil gambar foto, kamera pada iPhone 5s ini juga bisa merekam video dengan kualitas gambar HD hingga 1080p HD. 
“Jaringannya LTE, WiFi, dan Bluetooth. Ponsel ini sudah mendukung iOS 7 untuk operating sistemnya,’’ kata Wisnu lagi. Sedangkan untuk fiturnya, ponsel ini mendukung fitu iSight Camera, True Tone flash, fingerprint sensor.
Sementara untuk iPhone 5c, dikatakan Wisnu fiturnya lebih rendah dibandingkan 5s. iPhone 5c hanya dibekali dengan prosesor Apple A6 (dual core). Ponsel ini memiliki dimensi 124,4 x 59,2 x 8,97 mm, dengan berat 132 gram.
“Selain prosesor dan desain, hampir semua yang ada di iPhone 5c sama seperti yang ada di iPhone 5s. Perbedaan mencolok justru pada pembungkusnya, karena iPhone 5c ini menggunakan material plastic polycarbonate,’’ katanya. Dan iPhone 5c ini akan banyak diminati karena hadir dengan warna-warna ceria, seperti hijau, putih, biru, merah muda dan kuning.(vik/fia)