Layanan BBM sudah muncul

MALANG– Pengguna produk Samsung berlomba-lomba mendownload aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android, usai dirilis oleh BlackBerry. Berburu BBM ini, tidak hanya dilakukan oleh pengguna smartphone Samsung kelas premium, namun pula di kalangan ponsel Samsung low end tak tak mau ketinggalan untuk mengaksesnya. Supervisor Samsung Malang,  Muhammad Charis Wijaya mengatakan, untuk bisa mendownload aplikasi BBM ini, tidak tergantung pada kelas ponselnya. Tapi aplikasi tersebut dapat didownload  sesuai dengan versi Androidnya.
“Ponsel Samsung generasi terbaru sudah mengusung operating system (OS) Android 4.2 Jelly Bean, sehingga sudah tentu bisa dengan lancar mendownload aplikasi BBM for Android. BlackBerry sudah menentukan aplikasi ini dapat didownload melalui Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan 4.2 Jelly Bean,” ungkapnya.  Dia menyontohkan, di ponsel Samsung kelas low end, aplikasi BBM ini bisa digunakan pada Samsung Galaxy Star ataupun Samsung Galaxy Young,  sedangkan di kelas middle, aplikasi BBM dapat didownload melalui Samsung Galaxy Fame, Samsung Galaxy Core dan Samsung Galaxy Grand.
“Untuk kelas premium, ada Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy S3 Mini, Samsung Galaxy Note I dan Note II dan Samsung  Galaxy S4,” terangnya.  Charis yang juga menggunakan Samsung Galaxy S3 ini mengaku sudah mendownload aplikasi BBM untuk Android pada ponselnya.  “Begitu dirilis, kami langsung searching ke Google Play Store, dan begitu aplikasi itu tersedia langsung download,” katanya. Meskipun awalnya cukup sulit, namun pria yang berkantor di Jalan Letjen S Parman Malang ini mengungkapkan upaya registrasi yang dilakukannya berhasil.
“Setelah download, halaman pertama adalah registrasi. Ada dua pilihan untuk registrasi, yaitu membuat ID BlackBerry baru atau Sign In dengan memasukkan ID BlackBerry lama (bagi yang pernah memiliki BlackBerry),” terang dia.  Secara tampilan, Charis mengatakan hampir tidak ada perbedaan antara BBM yang ada pada BlackBerry maupun Android. Pengguna bisa melakukan pengiriman pesan instan, mengirim foto dan juga broadcast. Pada menu pesan instan juga terdapat huruf  D dan R. Pengguna juga bisa membuat grup, beranggotakan 30 orang.
“Tampilannya sama persis dengan BBM pada handset BlackBerry,” tandasnya. (vik/mar)