Komunikasi Makin Mudah

Telkomsel sebagai operator terbesar di Indonesia menyambut baik inovasi BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform. Mulai Sabtu (21/9) sebagai tanggal tersedianya aplikasi BBM di toko aplikasi Google Play, pelanggan dapat menikmati langsung layanan BBM melalui Android dengan menggunakan paket data Flash Telkomsel tanpa biaya tambahan. Rilis resmi yang diterima Malang Post, Vice President Prepaid & Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani mengungkapkan, semua paket Telkomsel Flash dapat mendukung BBM cross platform.
Yakni pelanggan bisa langsung menikmati fasilitas BBM melalui smartphone Android yang menggunakan operating system (OS) Ice Cream Sandwich atau Jelly Bean. “Dengan jaringan 3G terluas dari Telkomsel, maka kemudahan dalam berkomunikasi melalui aplikasi BBM ini akan lebih nyaman digunakan pelanggan,” katanya. Dijelaskan dia, aplikasi BBM ini dapat diunduh melalui Google Play Store untuk mengguna Android. “Kalaupun ada biaya tambahan yang dikenakan, hanyalah koneksi internet untuk mengunduh (download) aplikasi tersebut dan menggunakannya,” papar Ririn, panggilannya.
Dia mengungkapkan, untuk biaya koneksi internet, pelanggan dapat langsung menggunakan dengan tarif dasar internet Telkomsel atau melakukan pembelian paket data Flash Ultima (Volume Based), Flash Optima (Unlimited), dan paket smartphone yang tersedia via aplikasi MyTelkomsel dan *363#. Di samping paket Flash, seluruh pengguna kartu Telkomsel prabayar simPATI dan Kartu As yang menggunakan smartphone Samsung Galaxy, juga bisa menikmati fasilitas gratis BBM apabila melakukan pembelian paket Samsung Full Galaxy Plan yang didesain khusus untuk kedua smartphone tersebut.
“Dengan menggunakan kedua paket khusus ini, setiap penggunaan aplikasi BBM tidak akan mengurangi kuota data dari paket Full Galaxy Plan. Kedua paket tersebut dapat dibeli melalui *363# (paket smartphone) atau *303*3# (paket Samsung Galaxy Plan),” urainya. Detailnya, untuk Samsung Galaxy Plan, paket  harian Rp 2.500 per hari dan mendapatkan kuota 20 MB dengan rincian 8 MB pada jaringan 2G/3G dan 12 MB pada jaringan 3G, lalu paket bulanan Rp 49.000 per 30 hari dan mendapat kuota 2 GB, dengan rincian 1 GB jaringan 2G/3G dan 1 GB pada jaringan 3G.
Ketiga, paket tiga bulan Rp 125.000 per 90 hari, mendapatkan kuota 2 GB perbulan. “Untuk keywordnya *303*3#,” tegas dia. Sementara Head of Corporate Communication Telkomsel Jawa Timur, Andik Setiawan mengatakan, paket Samsung Galaxy Plan ini dibuat untuk memberikan kenyamanan terhadap pelanggan saat melakukan aktifitas BBM melalui ponselnya.  “Kami mendukung sekaligus mensupport aplikasi ini dengan meluncurkan paket data Samsung Galaxy Plan, yang sudah tentu tidak lain memberikan kenyamanan kepada pengguna produk Samsung, agar bisa tampil maksimal, dan lebih ekspresi saat BBM-an,” terangnya.

Akses Internet Jumbo
PROMOTOR Telkomsel Malang, Arya Istiqomah menjelaskan paket Samsung Galaxy Plan dapat pula diakses melalui paket internet jumbo. Pada paket ini, penggunanya akan mendapatkan kuota data 6 GB, dengan masa aktif paket 90 hari atau tiga bulan. Biaya untuk paket ini, sangat terjangkau yaitu Rp 49.000.  “Kuota data yang diberikan adalah 6 GB. Namun tidak diberikan secara langsung, tapi dibagi untuk tiga bulan, dengan rincian  2 GB perbulannya,” kata wanita yang kerap disapa dengan nama Tya ini.
Dia yang ditemui di booth Telkomsel Malang Town Square (Matos), menjelaskan ada perbedaan antara paket internet jumbo dengan Telkomsel Flash. “Perbedaan itu terlihat saat kuota layanan data habis. Begitu kuota habis, kecepatan internet untuk layanan Telkomsel Flash berkurang. Sementara untuk paket layanan jumbo, akan menyedot pulsa reguler dengan harga Rp 2,5 per kilobite, dan tidak mengurangi kecepatan sama sekali,” tandasnya. (vik/mar)