Aksesori ponsel

MALANG– Banyaknya produk ponsel juga dimanfaatkan beberapa pihak untuk menciptakan berbagai aksesori pendukungnyauntuk pembungkus atau pengaman ponsel. Mulai dari dompet, flip cover, soft case, hard case dan masih banyak lagi. Dan seiring dengan perkembangan zaman, pembungkus atau pengaman ponsel ini dibuat dengan  berbagai bentuk atau karakter. “Kalau dulu, soft case atau hard case yang diciptakan. Dan tidak ada karakter yang diusung, alias hanya polos, tapi sekarang sudah tidak lagi, banyak macam dan karakternya,” kata marketing Perdana Celluler Malang Town Square (Matos), Nur Rochmah Fitriani.
Menurutnya, karakter-karakter dari film kartun atau super hero pun tidak jarang ditanamkan pada produk aksesoris ponsel atau smartphone ini. Sebut saja Batman, Superman, Hulk atau lainnya. Gambar para super hero ini tercetak pada berbagai bentuk aksesori tersebut. Para tokoh kurcaci Smurf pun tidak luput dari bidikan produsen aksesoris.  Sedangkan untuk karakter casualnya, produsen aksesoris banyak menanamkan gambar-gambar pemandangan, menara, jembatan, serta gambar-gambar abstrak. “Paling laris sebetulnya adalah aksesori yang mengusung karakter kartun, terutama kartun-kartun Korea,” tambahnya.
Aksesori ponsel ini selain sebagai pelindung, juga sekaligus menjadi pelindung ponsel. Lantaran itulah, bahan aksesori pun menjadi pertimbangan pengguna, saat akan membeli aksesori tersebut. “Banyak aksesori yang dijual dengan harga murah, tapi bahannya jelek, bisa merusak casing, atau kalau nggak aksesori tersebut mudah rusak, tidak mungkin akan dibeli,” ucap Fitri, yang mengatakan bahan silicon atau plastik yang lentur paling banyak dipilih pembeli, selain memilih bentuk karakternya.
Fitri juga mengatakan, layaknya vendor yang terus menerus menciptakan produk ponsel dengan berbagai macam keunggulannya, produsen aksesoris pun demikian. Bahkan, bentuk serta model karakter aksesoris juga disesuaikan. “Kalau pas valentine, karakter kartunnya ya lucu-lucu, imut-imut dan menggemaskan. Tapi biasanya paling sering itu dari film, begitu ada film baru dan sukses artinya banyak ditonton, tidak lama kemudian ada aksesoris dengan karakter seperti judul film itu,’’ urainya Fitri yang mengatakan untuk harga aksesoris, semuanya bervariatif. “Yang jelas untuk soft case harganya dijual mulai Rp 40.000,’’ tandasnya.(vik)