Kamera Oppo N1 Bisa Berputar

MALANG POST  - Oppo resmi merilis ponsel pintar terbarunya, Oppo N1, di Beijing, Cina, Selasa (24/9/2013). Produk yang berukuran layar 5,9 inci, termasuk dalam kategori phablet atau perpaduan dari perangkat ponsel dan tablet.
Oppo nampak serius dalam mengembangkan produk barunya. Hal ini tampak dari begitu banyaknya fitur menarik yang disematkan oleh perusahaan asal China tersebut.
Salah satunya adalah kamera. Kameranya memang hanya memiliki sensor gambar 13 megapiksel, kalah dari ponsel pintar baru dari berbagai vendor, seperti Sony Xperia Z1 dengan kamera 20,7 megapiksel dan Nokia Lumia 1020 dengan kamera 41 megapiksel. Namun, Oppo menyematkan berbagai teknologi yang bisa membuatnya bersaing dengan perangkat-perangkat tersebut.
Beberapa contoh, ponsel ini dilengkapi dengan chip imaging hasil pengembangan antara Oppo dengan Fujitsu. Selain itu, lensa dari kamera ini terdiri dari 6 bagian, membuatnya menjadi ponsel Android pertama dengan fitur semacam ini.
Keunikan lainnya, kameranya dapat diputar hingga 206 derajat. Dengan sudut seperti itu, kameranya bisa diputar ke belakang dan ke depan sekaligus. Dengan fitur ini, Oppo tidak perlu repot-repot menyediakan dua kamera.
Perusahaan mengklaim, kamera putar tersebut telah diuji hingga 100,000 kali dalam pengujian daya tahan. Artinya, kamera ini dapat diputar hingga 40 kali dalam satu hari dan akan tetap bertahan seperti baru selama 7 tahun.
Oppo N1 juga dilengkapi dengan sebuah panel sentuh belakang seluas 12 cm persegi. Pengguna dapat menggulirkan layar, menekan pilihan pada layar, dan mengambil foto melalui panel sentuh belakang yang dinamakan O-Touch.
Oppo N1 membuat tampilan sistem operasi sendiri yang dinamakan ColorOS yang dikembangkan selama 10 bulan. Tampilan tersebut berbasis Android 4.2 (Jelly Bean). Seperti dikutip dari Engadget, pengembangan ColorOS melibatkan 243 developer, 20.000 penguji, dan 43 paten baru.
Selain ColorOS, Oppo juga akan menghadirkan sistem operasi Android yang dikembangkan oleh CyanogenMod. Perusahaan Cyanogenmod selama ini dikenal sebagai pembuat custom ROM di dunia Android. Sistem operasi ini nantinya akan tersedia untuk N1, tetapi Oppo dikabarkan bersiap untuk merilis Oppo N1 dengan sistem operasi CyanogenMod secara pre-install.
Dari segi hardware, Oppo N1 hadir dengan spesifikasi yang cukup gahar, seperti prosesor Qualcomm Snapdragin 600 quad-core berkecepatan 1,7 GHz, GPU Adreno 320, dan RAM 2 GB.
Layar yang digunakan berjenis IPS dengan bentang 5,9 inci. Layar ini mendukung resolusi full HD dengan tingkat kerapatan 377 pixel per inci. Layarnya diklaim super sensitif, mengizinkan pengguna untuk mengoperasikannya, meski sedang menggunakan sarung tangan dan pena.
Oppo N1 akan dijual dengan harga mulai dari 570 dollar AS atau sekitar Rp 6 juta. Versi yang tersedia adalah 16 dan 32 GB. (kps/fia)