Layar Besar Minus Telepon

MALANG – Nama Lenovo kian melejit dengan berbagai produk barunya. Tidak hanya produk PC, pabrikan asal Cina ini juga cukup sukses dengan produk smartphone dan tablet.
Salah satu tablet andalan Lenovo adalah ideapad S6000. Perangkat ini menjadi andalan, karena memiliki ukuran layar yang lebih lebar dibandingkan dengan dua seri ideapad sebelumnya. Seperti diketahui, sebelumnya Lenovo telah mengenalkan tablet PC nya, yaitu ideapad A1000 dan A3000. Keduanya mengusung layar 7 inci. “S6000 memiliki layar berukuran 10.1 inci. Tampilannya juga lebih bagus ketimbang kedua pendahulunya,” terang Store Manager Print Siip Djunaidi kepada Malang Post kemarin (24/9).
Layar S6000 dijelaskan oleh Djunaidi mendukung resolusi HD  WXGA 1280×800 piksel. Teknologi panel IPS (in-plane switching) juga ditanam pada perangkat yang dibanderol dengan harga Rp 3.3 juta tersebut. Sehingga tidak hanya tampilan layarnya lebih jernih dan tajam, namun sokongan teknologi panel IPS tersebut juga memberikan sudut pandang lebih luas.
“Tampilan layar tetap jernih dan tajam, meskipun dilihat dari samping,’’ tambah pria asal Lamongan ini. Tampilan layar pun kian elegan dengan casing plastik hitam, yang membungkus perangkat ini.
Sementara untuk mesinnya, S6000 disokong dengan prosesor quad core dengan kecepatan 1,2 GHz.  Prosesor empat inti ini dipastikan berjalan dengan sangat cepat. Terlebih, tablet ini juga disokong dengan memory RAM berkapasitas 1 GB. “Ini salah satu andalan S6000, selain layarnya yang menampilkan gambar berkualitas HD, prosesornya juga sudah quad core. artinya kinerja tablet dijamin sangat cepat,’’ kata Djunaidi lagi.
Kecepatan kinerja itu juga, membuat tablet ini sangat leluasa saat menjalankan berbagai aplikasi android 4.2 Jelly Bean, yang tertanam pada S6000.
Layaknya tablet pada umumnya, S6000 juga mendukung konektifitas WiFi, bluetooth, dan USB. Sedangkan untuk terhubung ke jaringan seluler, tablet ini juga mendukung HSDPA. Namun sayang, meskipun memiliki port SIM Card dan mendukung jaringan 3G, tapi faktanya tablet ini tidak dilengkapi fungsi telepon.
“SIM Card yang tertanam hanya bisa difungsikan untuk kebutuhan SMS, dan menjelajah internet jika tidak ditemukan jaringan WiFi,’’ urai pria bertubuh kurus ini.
Tablet ini juga dilengkapi degan kamera belakang berkemampuan 5 megapiksel dan kamera depan 0,3MP (VGA). S6000 memiliki ukuran 260 x 180 x 8.6 mm dan bobot 560 g ini juga dilengkapi dengan port micro HDMI, slot kartu microSD, 3.5mm jack, Accelerometer, compass, HTML, GPS, Java, SNS ntegration, MP3/WAV/WMA/AAC player, MP4/H.264/H.263 player, Document viewer, Photo viewer/editor, Organizer, Predictive text input.
“Semua aktifitas tablet ini didukung dengan baterai berkapasitas 6350 mAh. Baterai tersebut bisa bertahan hingga 9 jam,’’ tambah Djunaidi.
Dan yang membuat produk ini lain dari yang lain adalah, adanya keyboard Bluetooth opsional untuk menunjang pengoperasiannya. Keyboard tersebut disertakan pada paket penjualan.(vik/fia)