Produk Lama, Namun Tetap Dicari

MALANG – Samsung Galaxy Note II, merupakan salah satu produk yang dirilis Samsung setahun lalu namun hingga saat ini keberadaan ponsel dengan code name N7100 ini masih cukup diminati.  Bahkan beberapa pihak menyatakan, penjualan ponsel dengan luas layar 5.5 inci itu lebih tinggi dibandingkan Samsung Galaxy S4 yang hadir April lalu. Lantaran penjualan yang cukup stabil inilah, harga ponsel tidak banyak mengalami perubahan. Di pasaran, ponsel ini masih dibanderol dengan harga Rp 6,5 juta, hanya selisih Rp 500 ribu sejak awal ponsel ini dirilis.
Memang bukan hal aneh jika ponsel yang mengusung jenis layar super AMOLED ini lebih diminati. Selain bentuknya cukup elegan, ponsel yang mendukung jaringan 4G LTE ini juga dilengkapi dengan fitur serta teknologi mumpuni, salah satunya fitur TV-out. Fitur yang pada aplikasinya bekerja via MHL A/V link ini dapat dimanfaatkan pengguna untuk melihat gambar atau rekaman video pada TV atau perangkat lain yang compatible MHL A/V link.  “Setiap momen bisa diabadikan dengan merekamnya melalui kamera 8 megapiksel yang tertanam pada Galaxy Note II, dan hasil rekaman itu bisa dilihat kembali bersama-sama dengan keluarga atau orang-orang terdekat, melalui media TV yang terkoneksi dengan ponsel,’’ kata Customer Service Erafone Ayu Wahyu kepada Malang Post kemarin.
Bukan hanya Samsung yang memiliki fitur ini, beberapa perangkat lain, seperti Sony juga mempunyai fitur tersebut. Namun begitu, kualitas gambarlah yang kemudian menjadikan pengguna menjatuhkan pilihan.  Pada dasarnya, Samsung Galaxy Note II hanya mengusung sensor 8 megapiksel untuk kamera utamanya.  Sensor yang cukup besar ini dapat menghasilkan resolusi 3264 x 2448 piksel, sehingga hasil jepretan kamera pun bisa dipastikan berkualitas HD. Tidak terkecuali dengan aktifitas merekam, ponsel yang dilengkapi dengan auto focus dan LED flash pada kameranya ini mampu menghasilkan rekaman dengan kualitas gambar yang ciamik. “Beberapa pertimbangan konsumen membeli ponsel yang pertama adalah bentuknya, kemudian tampilan layar, dan ketiga adalah kamera. Banyak konsumen kemudian batal membeli produk setelah melihat kinerja kamera yang tidak maksimal,’’ kata Ayu.
Gadis asal Pakis ini juga mengatakan, soal kamera, Galaxy Note II ini juga mendukung fitur Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection dan image stabilization. Sedangkan untuk kamera depan, ponsel ini mendukung sensor 1.9 piksel.
Bukan itu saja, yang membuat ponsel ini lebih unggul lagi adalah daya tahan baterainya. Menurut Ayu, Note II dibekali dengan baterai berkapasitas 3100 mAh, mampu bertahan hingga 35 jam untuk mode 2G, dan 16 jam untuk mode 3G waktu bicara. “Baterainya sangat awet, itu karena seluruh hardware yang terpasang ini mendukung penggunaan daya yang sangat rendah. Seperti layar super AMOLED, layar tersebut mampu menampilkan gambar dengan kualitas HD, tapi tidak banyak menyerap daya, sambungan Bluetooth 4.0 yang tertanam juga demikian. Bluetooth bisa mentransfer data lebih cepat tapi penyerapan dayanya sangat minimal,’’ urai gadis berpawakan kecil ini.
Yang membuat ponsel ini kian digilai para konsumen adalah kinerja web browser yang cepat pada 363 ms, dengan kecepatan akses data maksimum sangat cepat menggunakan dengan HSPA. Kinerja web browser ini memang tidak bisa dilepaskan dari sokongan prosesor ganda yaitu Quad Core dengan kecepatan 1,6 Ghz, yang tertanam pada ponsel. Memory RAM 2 megapiksel pun memiliki andil besar pada kinerja ponsel yang mendukung operating sistem Android 4.1 Jelly Bean ini. “Ponsel ini juga mendukung teknologi NFC yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk transfer data secara cepat,’’ tambah Ayu.(vik/han)