Nokia Bawa Fastlane di Asha 501

TRENDY: Sapuan warna-warna cerah pada Nokia Asha 501 membuat ponsel yang harganya tak sampai Rp 1 juta ini banyak disukai oleh anak muda.

MALANG – Beberapa waktu lalu, Nokia melengkapi seri Ashanya dengan merilis Nokia Asha 501. Kehadiran ponsel ini sontak mendapat perhatian, sebab, selain hadir dengan layar touchscreen, Nokia juga membekali perangkat ini dengan fitur serta teknologi terbaru. Salah satunya adalah Fastlane.
Fastlane merupakan teknologi antarmuka home screen, yang mencatat semua aktifitas saat ini, akan datang ataupun masa lalu. Kinerja Fastlane ini juga mencakup aplikasi yang sedang berjalan, atau multitasking, pesan dan notifikasi lainnya.  
“Segalanya akan lebih cepat dengan Fastlane. Pengguna dapat mengupdate status social network, melihat agenda , pindah antar aplikasi, control musik dengan satu layar Fastlane,’’ kata supervisor Global Teleshop, Bobin Febriyanto kepada Malang Post kemarin.
Dengan Fastlane, ditambahkan oleh Bobin pengguna tidak perlu menekan tombol back setelah membuka aplikasi atau melihat notifikasi media social, tapi sebaliknya pengguna hanya perlu menggeserkan jari ke kiri atau ke kanan saja, untuk kembali ke halaman awal.
Selain Fastlane, yang membuat Asha 501 ini unggul adalah adanya teknologi easy swap. Sekalipun bukan seri pertama yang mendukung teknologi ini, namun Easy Swap betul-betul memberikan kemudahan kepada pengguna saat berganti kartu.
Perlu diketahui, Asha 501 ini merupakan ponsel dual SIM. Teknologi Easy Swap sendiri tertanam pada slot kartu ke dua. “Dengan Easy Swap, ganti SIM ke 2 tanpa harus mematikan ponsel,’’ tambah pria perkepala plontos ini, sembari mengatakan dua SIM card yang tertanam semuanya menggunakan micro SIM.
Bobin menambahkan, pengguna Asha 501 ini dijamin lebih puas dengan layanan data yang lebih cepat dan biaya murah dengan fitur Nokia Browser Express.  Pada fitur ini Nokia menanamkan teknologi kompresi data hingga 90 persen. Sehingga akses internet menjadi lebih hemat dan cepat tiga kali lipat.
“Banyak aplikasi favorit yang bisa ditemukan di Nokia Asha 501 ini. Termasuk game. Karena ponsel ini dilengkapi dengan puluhan pre-load game yang bisa dimainkan secara gratis,’’ tambah pria asal Malang ini, sembari mengatakan puluhan game tersebut bisa didownload secara gratis selama 60 hari setelah aktifasi.
Nokia juga menyediakan berbagai aplikasi dan konten menarik di Asha 501. Melalui Nokia Store, pengguna bisa mendapatkan ribuan aplikasi, game atau ringtone. Ponsel yang menjalankan operating sistem MeeGo ini juga dilengkapi dengan aplikasi mencari lokasi dan rute, yaitu HERE Maps.
“Secara fisik ponsel ini sangat menarik, Asha 501 hadir dengan warna dan desain yang trendy sekaligus casual,’’ tambah Bobin yang mengatakan ponsel ini hadir dengan enam pilihan warna, yaitu merah, hijau, kuning, hitam, biru dan putih.
Bobin melanjutkan, dengan Asha 501, pengguna akan bebas mengakses social media, seperti twitter, facebook, eBuddy, Line,  WeChat. Sedangkan untuk WhatsApp akan hadir pada kuartal keempat 2013.
“Untuk harganya, ponsel ini dibanderol Rp 925 ribu,’’ urainya.
Sementara untuk spesifikasinya sendiri, ibu satu anak ini menjelaskan, Asha 501 memiliki dimensi 99.2 mm X 58 mm X 12.1 mm. Meskipun mungil, ponsel ini cukup enak digenggam lantaran beratnya hanya 98.2 gram.
Sedangkan untuk layarnya, Nokia membenamkan layar jenis  QVGA berresolusi 320 x 240 piksel, seluas 3 inch. Layar dengan teknologi LCD transmisif tersebut mendukung 262 ribu warna. Sementara untuk kameranya, Nokia membenamkan sensor kamera utama yang mampu merekam gambar dengan resolusi 3.2 Megapiksel.  Sekalipun cukup kecil, tapi kamera tersebut diyakini bisa menghasilkan gambar yang luar biasa, lantaran lensa yang tertanam beresolusi 2.048 x 1.536 piksel.
Baterai yang disertakan dalam Nokia Asha 501 mampu memberikan daya selama 26 hari dalam kondisi siaga dan bertahan 17 jam untuk kondisi bicara  serta 56 jam untuk pemutaran musik. “Setiap pembelian ponsel ini free memory 4 GB,’’ tandas Bobin.(vik/fia)