Advan Fokus Produk Baru, Vandroid T4A

MALANG – Sebagai vendor lokal, Advan memang cukup eksis dengan berbagai produk terbarunya. Namun begitu, tidak banyak fitur atau teknologi baru yang ditanamkan pabrikan asal Cina ini pada produk barunya. Sebut saja, Vandroid T4A.  Meskipun tampil dengan layar 8 inci, namun secara fitur dan spesifikasi perangkat ini sama dengan produk Advan sebelumnya. Marketing Toba Computer, Sawojajar, Heni Ayu Setyowati mengatakan, Vandroid T4A hadir dengan layar 8 inci, beresolusi 800 x 600 piksel. Layar tablet ini mendukung teknologi multi touch capacitive.
Yang artinya, layar pada tablet ini mampu merespons sentuhan lima jari sekaligus. Sementara dapur pacunya, Advan haya menanam prosesor Cortex A9 single core berkecepatan 1 GHz dengan memory RAM berkapasitas 512 MB. Prosesor satu inti memang banyak digunakan vendor lokal, pada produk yang dibanderol dengan harga dibawah Rp 1 jutaan.  Kinerja prosesor dengan satu otak ini hanya mampu menjalankan berbagai aplikasi kelas ringan saja. Sedangkan untuk aplikasi kelas berat, seperti game-game dengan kualitas gambar 3D ini dipastikan tidak bisa diakses.
“Sebetulnya tablet ini juga dilengkapi dengan GPU Mali 400MP untuk grafisnya, namun begitu untuk membuka aplikasi dengan kualitas gambar 3D tidak maksimal,” tambah Heni. Sementara untuk penyimpanan internal, Advan memberi ruang hingga 4 GB. Memory internal tersebut bisa diperluas hingga 32 GB menggunakan Micro SD card.  Seperti pada tablet lokal pada umumnya, Advan juga melengkapi produk terbarunya itu dengan dua kamera. Kamera utama terpasang dibagian belakang dengan sensor 1,3 megapiksel, sedangkan kamera depannya mendukung lensa VGA.   
Sedangkan untuk koneksifitasnya, tablet ini didukung dengan sambungan WiFi, dan Bluetooth untuk transfer data lebih mudah.  Satu-satunya yang bisa diandalkan pada tablet ini adalah kapasitas baterainya yang mencapai 4000 mAh.  Kapasitas baterai yang cukup besar ini mampu membuat mtablet ini bertahan hidup hingga sehari penuh, meskipun digunakan secara aktif. “Untuk kinerjanya, tablet ini mendukung operating system Android terbaru yaitu Android 4.2 (Jelly Bean),” tandas dia. (vik/mar)