Galaxy S4 Mini Hadir

MALANG – Samsung melengkapi seri Galaxy S4 dengan menghadirkan Samsung Galaxy S4 mini. Sebelumnya, Samsung juga merilis versi Samsung Galaxy S4 zoom. Kehadiran Samsung Galaxy S4 mini ini langsung mendapat perhatian dari masyarakat. Terutama pecinta gadget, yang haus akan teknologi. Mereka pun berlomba memburu ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 4,9 jutaan tersebut.  Customer Service Erafone Malang, Lia Marlita menyebutkan, secara fisik Samsung Galaxy S4 mini ini tidak banyak mengalami perubahan, kecuali ukurannya yang memang lebih kecil. Ponsel berdimensi 124.6 X 61.3 X 8.9 mm, ini hadir dengan layar super Amoled berukuran 4.3 inci.
Seperti sang kakak, layar Samsung Galaxy S4 mini ini mendukung 16 juta warna. Layar ponsel ini beresolusi 540 x 960 piksel, dengan tingkat kerapatan hingga 256 ppi. Tidak hanya tampil cerah dan tajam, Samsung juga memberikan perlindungan layar pada ponsel ini dengan corning gorilla glass. Dengan perlindungan tersebut, layar ponsel ini akan terbebas dari goresan-goresan kecil Sementara dapur pacunya, ponsel ini mengandalkan prosesor jenis Qualcomm MSM8930 Snapdragon 400, dual core dengan kecepatan 1.7 Ghz. Prosesor tersebut jelas beda dengan sang kakak yang menggunakan prosesor okta core untuk kinerja ponselnya.
Prosesor dual core yang tertanam tersebut didukung dengan memory RAM 1.5GB. Termasuk memory internal yang tertanam, hanya setengah dari S4 biasa. Samsung hanya memberikan kapasitas 8 GB saja untuk penyimpanan data internal, pada ponsel yang mendukung operating system Android terbaru yaitu versi 4.2 (Jelly Bean) tersebut. “Samsung Galaxy S4 mini dilengkapi dengan kamera beresolusi 8 megapiksel untuk kamera utamanya. Sedangkan kamera depannya didukung dengan lensa beresolusi 1,9  megapiksel.  Sekalipun memiliki sensor lebih kecil, bukan berarti kamera Samsung Galaxy S4 mini ini tidak bisa diandalkan,” urainya.
Menurut Lia, sapaannya, beberapa fitur yang tertanam pada kamera S4 mini akan membuat ponsel yang hadir dengan dua pilihan warna putih dan hitam ini lebih kaya warna. Apalagi dengan adanya fasilitas LED Flash, akan membuat hasil jepretan sempurna di ruangan yang kurang cahaya. “Fitur kameranya hampir sama dengan S4 biasa, yaitu  geo tagging, touch focus, face detection, dan HDR,” terangnya.
Ponsel ini juga mendukung aplikasi Touchwiz UI, WatcOn, Group Play serta S Health.
Sementara untuk jaringannya, ponsel ini juga tidak mengalami perubahan. Ponsel ini mendukung 2G, 3G dan 4G. Yang menarik, ponsel ini hadir dengan dua versi, yaitu versi single SIM dan versi dual SIM. Namun begitu, sementara yang paling banyak beredar adalah versi single SIM. “Ponsel ini juga dilengkapi dengan GPS, untuk memudahkan pengguna menemukan lokasi. GPS yang tertanam ini juga didukung dengan A-GPS dan Glonass, yang artinya, ponsel ini juga beredar di Amerika dan Rusia,” pungkasnya. (vik/mar)