Percaya Diri dengan Layar AMOLED

MALANG - Polytron W3430 DC Wizard Crystal 2, memang bukan produk baru di dunia smartphone. Namun begitu, ponsel yang dikenalkan sejak kuartal pertama tahun 2013 ini tetap mendapat perhatian, terutama oleh kalangan pecinta smartphone. Hal tersebut memang cukup wajar, lantaran Polytron membekali perangkat ini dengan berbagai fitur dan teknologi yang mumpuni.
Sebut saja layarnya. Polytron W3430 DC Wizard Crystal 2 ini mengusung layar jenis super AMOLED. Layar tersebut merupakan layar berkualitas nomor wahid untuk kelas smartphone. Jenis layar ini dipasang vendor pada produk smartphone high end.
“Ini salah satu keunggulkan Polytron W3430 DC Wizard Crystal 2, yaitu menggunakan layar super AMOLED. Sehingga secara tampilan, layar ponsel ini kaya warna, jernih dan sangat tajam,’’ kata Customer Service Erafone, Ivan Catur kepada Malang Post.
Sebagai penyempurnaan, Polytron membekali layar sentuh W3430 DC Wizard Crystal 2 dengan corning gorila glass. Adanya pelindung tersebut membuat layar ponsel lebih tahan terhadap goresan.
Layar tersebut dibalut dingan body ponsel yang terbuat dari material plastik berwarna hitam. Ivan menuturkan, bagian belakang ponsel diberi sentuhan motif demi memastikan ponsel tak licin saat berada dalam genggaman.
Tidak hanya layarnya yang memiliki teknologi sempurna. Kinerja Polytron W3430 DC Wizard Crystal 2, juga dijamin tidak akan mengecewakan para penggunanya. Prosesor ARMv7 MT 6575 dengan kecepatan dual core 1GHz, dipadu dengan RAM 512 MB sangat mampu menjalankan berbagai aplikasi yang terdapat pada ponsel yang mendukung operating sistem android 4.0 Ice Cream Sandwich ini. Kolaborasi antara prosesor dengan RAM tersebut betul-betul bisa menciptakan kinerja ponsel sangat cepat.Termasuk saat pengguna melakukan program multitasking atau membuka aktifitas beragam fitur secara bersamaan.
Sementara untuk sisi multimedianya, ponsel ini mendukung dua kamera. Kamera utama tertanam di belakang dengan kekuatan sensor 8 megapiksel. Pada kamera utama dilengkapi dengan flash dan fitur auto focus yang membuat ponsel ini mampu mengambil gambar dengan mudah. Kamera utama juga dilengkapi dengan fitur multi shoot, yang mampu membidik hingga 16 kali dalam satu jepretan.
Lensa yang tertanam juga mampu deteksi senyuman dan auto scene detect dengan beragam kondisi pencahayaan. Pengaturan standar kamera juga disediakan seperti white balance, color effect, scene mode, flash mode dan HDR untuk kualitas foto lebih maksimal.
Selain untuk memotret kamera juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1280 x 720 pixel dalam format 3Gp dengan kemampuan 30 fps. Sedangkan kamera depan Polytron menanam kamera VGA. Kamera VGA yang ditanam bisa dimanfaatkan pengguna untuk melakukan video call atau video online (Skype).
“Secara fitur ponsel ini tidak kalah dengan ponsel besutan vendor-vendor global,’’ tambah Ivan yang mengatakan Polytron W3430 DC Wizard Crystal 2 ini merupakan ponsel dual SIM GSM+GSM.
Sementara itu, ponsel ini juga mendukung fitur multimedia lain yang cukup lengkap. Mulai dari pemutar audio, lagu dalam format MP3 dan WAV mampu disemburkan dengan baik melalui speaker di bagian belakang. Untuk mendapatkan sensasi suara berbeda pengguna dapat mengaktifkan fasilitas SRS Effect dalam beberapa tema musik jazz, rock, R&B dan lain sebagainya, atau atur sendiri bass boost dan 3D  Effect sesuai selera.
Film dalam format 3GP, WMV dan MP4 juga dapat ditampilkan dengan baik di layar AMOLED berukuran 4,3 inchi, dapat memilih pemutar video standar atau MX player untuk menikmati film favorit. Tidak lupa FM Radio menjadi pelengkap fasilitas multimedia, untuk mengaktifkannya harus memasangkan earphone terlebih dahulu yang juga berfungsi sebagai antena.
Ponsel ini sangat cocok untuk para penggemar social networking. Itu karena Polytron telah membenamkan aplikasi MindTalk yang bisa diintegrasikan ke Facebook atau Twitter. Disediakan beragam pilihan chatting seperti Qute, Facebook messenger, Line dan Google talk, sedangkan pengaturan file pengguna bisa memanfaatkan ES File explorer.
Wizard Crystal II juga sudah dibenamkan GPS, Google Maps, E-compass, G sensor, dan fasilitas standard ICS lainnya. Jika seri Crystal 1 tidak dilengkapi dengan aplikasi untuk membuka atau mengedit dokumen kantor, Crystal II ini menyediakan Kingsoft Office agar aktivitas kantoran bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone ini.  
“Ponsel ini mendukung  jaringan 3,5G HSDPA dengan kecepatan maksimal mencapai 7,2Mbps. Selain jalur selular, Crystal II juga menyediakan jalur WiFi plus WiFi tethering, bluetooth, dan USB melalui kabel data untuk keperluan koneksi,’’ kata Ivan.
Browser HTML yang juga mampu mendukung full xHTML dan flash, mengakses situs favorit terasa sangat menyenangkan, semua fitur berjalan dengan lancar termasuk fungsi pinch to zoom. Guna mendukung semua fitur yang ada, Polytron mengandalkan baterai jenis lithium ion berkapasitas 1600 mAh ke dalam W3430. Dengan konsumsi data kelas HSDPA, sumber tenaganya bisa menahan hingga satu hari penuh. Sedangkan untuk online, Wizard Crystal II mampu bertahan 4 jam waktu bicara. (vik/fia)