XL Luncurkan Personal Tracker Baru – XL Dekat

MALANG POST - Melalui solusi Machine 2 Machine (M2M), PT XL Axiata Tbk (XL) terus mengembangkan layanan-layanan inovatif yang mampu menjadi jawaban atas berbagai kebutuhan masyarakat, baik personal maupun untuk tujuan bisnis.
Salah satu layanan terbaru XL M2M adalah XL Dekat, yaitu layanan untuk melacak keberadaan suatau objek (personal tracker) yang dapat menjadi solusi keselamatan dan keamanan keluarga, baik untuk anak-anak maupun orang tua.
Senior GM Mobile Finance XL - Yessy D Yosetya mengatakan, untuk terus memperkaya portfolio produk M2M dan memberi keragaman layanan inovatif khususnya di segmen retail, XL bekerjasama dengan mitra pengembang, Asia Quattro Net (AQN), meluncurkan layanan personal tracker baru yang diberi nama XL Dekat.
XL Dekat merupakan perangkat mobile GPS dalam bentuk gadget mini. Perangkat ini dapat mengirimkan informasi lokasi kepada orang tua atau keluarga. Karena informasi lokasi keberadaan yang dihasilkan sangat presisi, alat ini sangat penting sekali untuk menjaga anak-anak maupun orang tua berusia lanjut.
“XL Dekat memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi-aplikasi sejenisnya. Kelebihan tersebut adalah penggunaan perangkat khusus yang memang dirancang baik dari sisi hardware maupun software untuk keperluan tracking. Sehingga fungsi serta informasi yang dihasilkan lebih baik dibanding aplikasi lainnya,” terang Yessy.
Dilengkapi dengan tombol darurat (SOS emergency), alat ini secara otomatis akan mengirimkan posisi koordinat dari si pembawa alat jika ditekan. Selain mengirimkan koordinat, tombol SOS ini akan memicu panggilan telepon ke orang terdekat.
“Melalui portal XL Dekat, para orang tua juga dapat mengatur lokasi-lokasi penting di mana si pembawa alat berada,” imbuhnya.
Sistem akan mengirimkan notifikasi kepada orang tua jika alat tersebut keluar dari lokasi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sistem ini dikenal dengan nama geofence. Selain itu, XL Dekat juga memiliki tombol telepon cepat yang memudahkan anak-anak untuk melakukan panggilan, hanya dengan sekali tekan bahkan tanpa melihat ke layar.
Layanan inovatif ini tersedia untuk umum mulai bulan September 2013 ini. Masyarakat bisa membelinya di XPLOR Central Park, XPLOR Senayan City, XL Center Kelapa Gading, XL Center Pondok Indah, dan XL Center Puri Indah, Jakarta.
 “Kami ingin layanan ini dikenalkan langsung ke komunitas. Kami menyasar konsumen yang berbeda karena kegunaannya yang sangat berhubungan erat dengan kebutuhan kaum Ibu akan kenyamanan dan keamanan buah hati,” terang GM Machine to Machine XL, Arkav Juliandri.
Saat ini pemasaran XL Dekat akan ditargetkan untuk komunitas, terutama ibu rumah tangga dan wanita karir. Selama masa promosi, untuk model telepon mini akan dijual dengan harga Rp 880 ribu (harga normal Rp 1,045 juta) dan biaya berlanggan Rp 38,5 ribu per bulan.  Dengan biaya ini pelanggan mendapatkan benefit gratis 50Mb dan akses portal layanan XL Dekat selama 2 bulan. (fia)