Duet Maut Ultrabook dan Tablet

MALANG – Acer menghadirkan seri ultra book pertamanya dengan merilis Aspire P3-171. Perangkat yang dikenalkan sejak Mei 2013 ini cukup menarik perhatian, karena desainnya merupakan perpaduan antara ultrabook dan tablet. Sehingga tidak jarang orang menyebut perangkat ini sebagai ultrabook convertible.
Promotor Acer Poin, Fatkhul Munir mengatakan, Acer Aspire P3-171 ini merupakan perangkat tablet yang mendukung dock keyboard. Kinerja perangkat ini menggunakan Windows 8. Layaknya takblet pada umumnya, layar Acer Aspire P3-171 merupakan layar sentuh berukuran 11.6 inci yang dilengkapi teknologi capacitive.
“Jenis layar yang ditanam adalah LED backlit TFT LCD dengan resolusi 1366 x 768 piksel,’’ katanya.
Sementara jeroannya, Acer menanam prosesor intel core i3 generasi ketiga pada perangkat ini. Kinerja prosesor sangat handal, karena mampu melaju dengan kecepatan 1.4 Ghz dan dapat di ditingkatkan hingga 2 GHz dengan Turbo Boost. Memori RAM 2 GB memberikan kinerja optimal dengan harga yang bersaing.
Untuk memori grafisnya dibekali Intel Graphics HD 4000 yang menjamin tampilan grafis berjalan mulus ketika bermain games ataupun pekerjaan grafis lainnya. Tak hanya itu, berkat prosesor Intel Ivy Bridge, hybrid ultrabook ini hanya membutuhkan 7 watt untuk beroperasi dan meningkatkan efektivitas energi. Dengan daya tahan baterai hingga 6 jam, dan juga telah dibekali sistem boot yang cepat yaitu 1.5 detik Instant On yang semakin memberikan fleksibilitas.
 “Disebut ultrabook convertible karena, perangkat ini  bisa disebut sebagai ultrabook jika dipasang dengan docking keyboard, namun saat docking keyboardnya dilepas, perangkat ini tampil layaknya tablet,’’ tambah Fatkhul yang memiliki wilayah tugas di Toko Onycomp, Jalan Sumbersari ini.
Sebutan Hybird pun layak disandang Aspire P3-171. Itu karena bodinya yang tipis, dengan desainnya juga elegan. Itu karena seluruh bodi perangkat ini dibungkus dengan material alumunium sehingga terlihat kokoh namun tetap ringan saat dijinjing.
Pengguna perangkat ini juga tidak perlu khawatir dengan media penyimpanannya. Menurut Fatkhul, Acer menyediakan lahan berkapasitas 60 GB untuk penyimpanan internal. Dan pengguna bisa memperluas media penyimpanan tersebut menggunakan SSD.
Acer juga menanam sistem crystal eye untuk webcam. Meskipun tidak dijelaskan dengan detail sistem crystal eye tersebut, namun Fatkhul memberikan jaminan pengguna akan puas saat menggunakan webcam tersebut untuk video chatting.
“Untuk koneksifitasnya, perangkat ini mendukung sambungan WiFi, untuk menjelajah internet. Sedangkan Bluetooth jenis 4.0 yang tertanam dapat dimanfaatkan pengguna untuk transfer data secara cepat dengan daya yang minimal,’’ ucap Fatkhul yang mengatakan perangkat ini juga support dengan HDMI.
Sementara untuk suaranya, Acer Aspire P3-171 ini dibekali dengan Dolby Surround, layaknya home theater. Sehingga pengguna akan merasakan sensasi yang luar biasa saat menonton film dengan perangkat ini. Spesifikasi yang handal dan mumpuni itu cukup seimbang dengan harganya, yang mencapai Rp 8,49 juta.
“Selama pameran ini ada cashback hingga Rp 700 ribu, sehingga harganya lebih murah lagi,’’ tandas Fatkhul.(vik/fia)