Canon 70D Dilepas Rp 12 Juta

SETELAH tiga tahun berselang, penerus EOS 60D keluaran Canon akhirnya keluar juga. Masuk di seri EOS 70D, kamera ini dilepas ke pasar Indonesia dengan kisaran harga Rp 12 juta. Produk baru, fitur andalannya juga pasti baru. Sejumlah keunggulan coba dihadirkan Canon di model mid-range berikut. Salah satu yang mendapat sorotan adalah di bagian sensor.
Kamera ini sekarang mendapat dukungan teknologi Dual Pixel CMOS AF System. Keuntungan dari teknologi ini, bisa melakukan autofocus phase detect yang lebih ngebut.
"Beragam teknologi baru yang ada di Canon EOS 70D akan memberikan pengalaman baru bagi para fotografer yang menjadikan kegiatan pemotretan foto maupun pengambilan video berkualitas tinggi begitu nyaman dan mudah dilakukan," terang Merry Harun, Canon Division Director PT Datascrip, Rabu (2/10/2013).
Peningkatan dari EOS 60D lainnya adalah resolusi di sensor CMOS APS-C yang kini mengusung kekuatan 20,2 MP. Adapun sang kakak, EOS 60D, 'cuma' dibekali 18.1 MP.
Menariknya, LCD vari-angle 3 incinya di jagoan ini sekarang sudah dibekali dengan layar sentuh. Pun juga untuk memudahkan transfer foto, serta pengontrolan kamera dari jarak jauh, kamera dengan ISO 100-12.800 ini juga sudah mendukung konektivitas WiFi.
EOS 70D juga mengalami peningkatan dalam sesi pemotretan beruntun atau continuous shooting yang menjadi 7fps berkat perpaduan sensor prosesor Digic 5+ dan 19 titik AF yang berjenis cross type.
Menurut Sintra Wong, Division Manager of Canon Image Communication Product Division PT Datascrip, sistem AF memungkinkan kinerja autofocus pada mode Live View menjadi lebih mulus dan kencang.
"Sangat membantu dalam proses pengambilan foto maupun video yang akurat dan tajam. Rekaman video pun terlihat sangat halus saat terjadi perpindahan fokus," urainya.
Datascrip yang juga distributor tunggal kamera Canon di Indonesia memasarkan EOS 70D untuk body only di angka Rp 12,3 juta. Sedangkan yang dipasangkan dengan lensa EF-S 18-55mm IS STM, harganya jadi Rp 13,9 juta. (dtc/fia)