Aplikasi Chatting Makin Kreatif

STIKER: Aplikasi LINE dengan ikon beruang bernama Brown menawarkan game online yang bisa dimainkan secara cuma-cuma.

 MALANG - Munculnya berbagai aplikasi pengiriman pesan instan memang memaksa para developer aplikasi tersebut lebih kreatif. Tidak hanya memberikan sesuatu yang baru, para developer juga wajib menghadirkan sesuatu yang lebih menyenangkan, seperti game, atau icon-icon menarik.
Salah satu aplikasi pengiriman pesan instan paling banyak digemari para pengguna smartphone adalah Line. Aplikasi ini banyak didownload, karena developer juga menyediakan berbagai game. Sekalipun game tersebut standart, faktanya banyak pengguna Line keranjingan memainkannya.
"Menjadi menarik karena game yang tertanam bisa dimainkan secara online, dan saat bermain game kita juga tetap bisa berkomunikasi dengan teman chatting," kata Kevin Mario Hamzah, salah satu pengguna aplikasi Line.
Selain Line, aplikasi pengiriman pesan instan paling banyak digunakan adalah Kakao. Aplikasi ini menjadi populer setelah diiklankan di televisi, dengan bintang iklan artis-artis terkenal. Pada aplikasi ini, pengguna tidak hanya bisa menelpon gratis, tapi juga banyak icon lucu yang bisa dibagikan. Dan terbaru, Kakao juga menyediakan aplikasi merubah suara. Sehingga banyak penggunanya yang terkesan.
"Jika Line memiliki game, Kakao memiliki aplikasi merubah suara," kata pria yang juga karyawan Rolland Cell Malang Plasa ini.
Sementara aplikasi pengiriman pesan instan lain yang banyak diminati adalah WhatsApp. Aplikasi ini cukup banyak digunakan. Bahkan hampir seluruh pengguna smartphone mengisi ponselnya dengan aplikasi ini.
"Pengguna WA (WhatsApp) dari informasi yang saya baca jumlahnya mengalahkan aplikasi BlackBerry Messenger (ВВМ)," kata Mario.  
Secara performa WA memang cukup sederhana. Untuk berhubungan dengan teman, pengguna hanya perlu memasukkan nomor telepon. Namun untuk kecepatan, aplikasi ini sangat memuaskan.
"Aplikasi ini tidak mengenal kata pending, itu yang membuat aplikasi ini banyak diminati," tandas Mario.(vik/fia)