iOS7 Bisa Tolak Charger Palsu

BARU: Tampilan baru iPhone 5 dengan iOS 7. Operating system baru ini juga dilengkapi dengan kemampuan membaca gerak kepala untuk navigasi menu.
 
MALANG - Beberapa waktu lalu Apple telah merilis iOS7 untuk iPhone dan iPad. Operating sistem tersebut tidak hanya memberi tampilan berbeda, namun Apple juga memasukan fitur dan teknologi terbaru. Salah satunya, teknologi tersebut adalah kemampuan memblokir penggunaan charger palsu pada iPhone dan iPad yang teritegrasi dengan iOS 7.
Memang cukup wajar Apple memblokir penggunaan charger palsu, seiring banyaknya kejadian baik iPhone ataupun iPad meledak saat dilakukan pengisian baterai. Dan salah satu faktor utamanya adalah penggunaan charger palsu.
"Charger asli memiliki chip di dalamnya yang terdeteksi saat disambungkan pada perangkat. Sementara charger palsu tidak," kata Customer Service Global AAR Mall Olympic Garden (MOG) Jefri Gigih kepada Malang Post kemarin (3/10).
Jefri menambahkan, lantaran tidak tertanam  chip itulah iOS 7 tidak bisa membaca, dan charger tidak berfungsi, alias tidak bisa melakukan pengisian pada perangkat. "Kami sudah mencoba, dan penggunaan charger palsu betul-betul tidak bisa untuk perangkat yang telah terintegrasi dengan iOS 7," urainya sembari menyarankan pengguna iPhone serta iPad untuk selalu menggunakan charger asli.
Selain memblokir penggunaan charger palsu, iOS 7 juga memiliki fitur menarik, yaitu pengguna bisa melakukan navigasi dengan menggelengkan kepala. Menu tampilan layar akan bergeser ke kanan atau ke kiri, sesuai dengan gerakan atau gelengan kepala. Fitur baru ini mirip dengan fitur air gesture pada Samsung Galaxy S4, namun begitu pihak Apple mengklaim fitur barunya ini lebih modern dibandingkan dengan air gesture milik Samsung Galaxy S4.
Sayang, Jefri sendiri mengatakan belum menemukan fitur tersebut pada aplikasi yang tertanam di iPhone 5 miliknya. "Informasi yang saya dapat dari situs resmi Apple memang ada fitur tersebut, tapi tapi saya belum menemukan," kata pria asal Banyuwangi ini.
Tapi dari sekian fitur yang tertanam, Jefri paling terkesan dengan baterai ponselnya yang lebih tahan lama setelah menggunakan iOS 7. "Kalau dulu saya melakukan pengisian baterai rata-rata dua kali sehari, sekarang hanya sekali saja. Baterainya bisa bertahan hingga lebih dari 24 jam," tandasnya, sembari mengaku sangat puas dengan iOS 7 yang membalut ponselnya.(vik/fia)